Teknologi Mesin Terus Berkembang, Pelumas Juga Harus Berevolusi

Selasa, 07/03/2017 18:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Pertamina Lubricants bekerjasama dengan Japan Automobile Manufacturers Association, Inc (JAMA) serta Japan Construction Machinery and Construction Association (JCMA) untuk memperbaiki standar mutu pelumas. Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi mesin yang semakin canggih sehingga dibutuhkan pula aplikasi pelumasan yang tepat.

Sosialisasi tersebut dikemas dalam wadah seminar bertajuk "JAMA Engine Oil Seminar 2017". Seminar ini mensosialisasikan standar pelumas mesin bensin, pelumas mesin diesel, pelumas motor dan pelumas hidrolik untuk mesin konstruksi.

"Selain berfungsi sebagai market education, dengan sosialisasi ini Pertamina Lubricants sebagai market leader bisnis pelumas di indonesia berharap dapat memberi kontribusi bagi kemajuan teknologi pelumas dan pelumasan di Indonesia. Bukan hanya produsen pelumas saja, konsumen pun diharapkan dapat memahami dan memprioritaskan pelumas yang sesuai dengan standar mutu yang ada. Pemahaman konsumen, digabungkan dengan penerapan SNI Pelumas (Standar Nasional Indonesia) adalah kunci tercapainya perlindungan konsumen dan kemajuan praktek pelumasan di Indonesia," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa.

Pertamina Lubricants sendiri sudah memiliki produk yang memang didesain untuk memenuhi spesifikasi yang ditetapkan JASO untuk mesin – mesin Jepang, seperti Fastron Gold SAE 0W-20, Fastron Techno, Enduro Racing (API SL JASO MA2), Enduro Matic (API SL JASO MB), Turalik, dll. Selain menduduki posisi market leader, Pertamina Lubricants juga menjadi acuan bagi perkembangan pelumas di Indonesia.

Seperti yang diketaui saat ini teknologi mesin terus berkembang untuk memenuhi 3 hal utama yakni penghematan bahan bakar, pengurangan emisi gas buang dan peningkatan engine/equipment durability. (adri)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!