GLAMOR 2 di Merangin Jambi Lebih Utamakan Solidaritas Dibanding Kompetisi

Selasa, 28/03/2017 09:28 WIB

mobilinanews (Bangko) - Setelah sukses menggelar event Geopark Lestari Adventure Merangin Off-Road (GLAMOR) tahun 2016 lalu, kini Merangin Off-Road (MOR) di Jambi kembali mengusung event kedua tahun 2017. Namun ini bukanlah ajang kompetisi murni, tapi lebih utamakan solidaritas sesama offroader.

Semangat solider offroader telah terlihat sejak awal. Sekitar 150 jip peserta yang datang dari Sumbar, Sumsel, Kerinci, Bengkulu, Riau, Lampung dan tuan rumah Jambi dilepas Bupati Merangin, Al Haris pada Sabtu (25/3) pagi. Jalur dua yang berada di depan Kantor Bupati Merangin menjadi titik awal kekompakan.

"Dalam event ini peserta memang tidak saling kompetisi, tapi diajak mencapai target finish untuk mendapatkan hadiah doorprize," jelas Hendri Gunawan, Ketua MOR sekaligus Ketua Pelaksana GLAMOR#2 yang menggelar selama tiga hari, Sabtu-Senin (25-27/3).

Meski begitu, jangan anggap enteng daerah hutan pedalaman di Kecamatan Nalo Tantan, sekitar 120 km dari kota Bangko. Jalur yang dilewati peserta cukup ekstrem dan menguras tenaga mobil dan orang. Bahkan terpaksa gunakan PTO alias Pakai Tenaga Orang saat jip terguling.

Menariknya, tidak ada perbedaan jenis kendaraan. Mulai dari mobil off-road yang biasa digunakan harian sampai yang sudah jadi tubular. Bahkan offroader senior dan junior berbaur. Semuanya merasakan trek sama.

Dari 3 trek yang dilalui peserta, masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda. Panjang trek berkisar 12-18 km. Handicap berupa tanjakan curam, batu-batu besar, kubangan lumpur dan jalur negatif terbagi dalam ketiga trek.

Ada 4 pos lapor. Peserta harus mendapat stempel minimal 3 pos sebelum mencapai finish. Pos buka 24 jam karena sebagian peserta mencapai pos tengah malam. "Ada satu pos khusus, namanya Pos Sampah. Kalau peserta lengkap mendapat 5 cap pos, dapat kesempatan dua kali ikuti undian hadiah," beber Hendri, offroader muda asal Merangin Jambi yang berani jadi promotor event.

Hadiah utama yang menarik pun tersedia dekat garis finish di halaman ruko Desa Sungai Ulak. Tiga unit sepeda motor matic menjadi rebutan peserta yang hokky. Dan yang paling beruntung Suma, offroader dari JPC Prabumulih, Sumatera Selatan.

Selamat deh! (BangVe)


TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!