Marquez Bantah Main Ngotot di Argentina, Tetap Perhitungkan Rossi

Selasa, 11/04/2017 02:37 WIB

mobilinanews (Argentina) - Joki Repsol Honda Marc Marquez melesat seperti roket di GP Argentina. Sangat cepat, baru tiga putaran ia sudah unggul 2,248 detik atas Maverick Vinales (Yamaha). Terlampau gaspol?

Sayang, saat masuk putaran ke-4 di R2, ia terjatuh dan keluar lintasan. Banyak yang beranggapan kalau Marquez terlalu nafsu dan ngotot.

“Boleh saja orang bilang begitu. Sejujurnya saya juga terkejut karena sesungguhnya belum pada kecepatan maksimal. Saya main di kisaran waktu, 1:40-an atau 1:39,5 detik. Belum pada waktu di bawah 1 menit 39 detik. Itu normal dan ritmenya memang demikian,” jelas Marquez.

Saat kejadian, katanya, ia berada di zona pengereman R2 dan mendadak saja roda depannya terkunci. Ia memang ambil resiko dengan ngerem lebih dalam, dengan harapan bisa gantikan kehilangan waktu di saat keluar tikungan akibat akselerasi RC213V yang masih lemah. Jika akselerasinya bagus, tentu titik pengeremannya juga berubah.

“Tak penting dimana dan bagaimana insiden itu terjadi karena pada akhirnya sama saja, poin nol. Ini salah saya. Saya juga manusia dan harus belajar dari kejadian tersebut,” sambung Marc.

Ia juga membantah salah memilih ban depan berkompon keras. Bandingkan dengan Vinales dan Valentino Rossi yang pakai ban berkompon medium. “Buktinya Cal bisa podium dengan jenis ban yang sama,” tegasnya.

Tertinggal 37 angka dari Vinales di klasemen, kini fans Marquez mulai bertanya-tanya soal kejuaraan dunia 2017. Ia akui kalau selisih itu sangat menyulitkannya meski tersisa 16 ronde balapan ke depan.

“Tapi, jangan salah! Bukan hanya Vinales, mengejar Rossi pun akan ada kesulitan tersendiri. Ia tak ada dalam sesi latihan, tapi selalu bagus saat balapan. Pebalap Yamaha punya paket yang bagus musim ini dan mereka konsisten. Saya dan Honda harus kerja lebih keras lagi untuk meningkatkan penampilan,” tegas MM yang mengaku belum sepenuhnya memahami karakter mesin RC213V yang tahun ini beralih dari model screamer ke model big-bang. (andro)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman