MotoGP 2017 : Survei Unggulkan Yamaha 87,21%, Honda 12,79%

Rabu, 12/04/2017 16:24 WIB

mobilinanews (Spanyol) – Tak hanya Pilkada (Pemilihan Kepada Daerah) yang diramaikan survei dengan berbagai methode. Calon-calon jawara di MotoGP juga rutin jadi mainan para surveyor.

Termasuk musim 2017 dengan pertanyaan: Akankah Yamaha mengantongi titel tahun ini?

Poling itu dilayangkan portal motor kenamaan Inggris, motorcyclenews.com. Memang layak dipertanyakan karena dominasi Yamaha yang memborong semua sesi tes pra musim dan kemudian dilengkapi oleh double podium di GP Qatar dan Argentina.

Responden tinggal memilih satu dari tiga jawaban. YA, MUNGKIN (tapi terlalu cepat disimpulkan, dan TIDAK (karena Honda bakal bangkit).

Rabu (12/4) sore WIB sudah masuk 344 jawaban tak lama setelah survei menggelinding. Hasilnya bilang Ya dan yakin Yamaha bakal jumawa di akhir musim sebanyak 55,52%. Yang bilang mungkin 31,69%. Artinya, Yamaha mendulang persepsi positif sebesar 87,21%.

Hanya 12,79% yang menyebut Yamaha akan gagal karena Honda lewat Marc Marquez akan bangkit.

Pilihan sikap ini jelas tak bisa diabaikan karena bisa jadi tren dukungan semakin besar jika Marquez bisa memangi GP Austin di AS pada 28 April.

Asal tahu saja, Marquez adalah ‘koboi’ terbaik pada trek di wilayah Texas itu. Empat kali tampil, empat-empatnya juara di lintasan berhias 22 tikungan itu.

Fakta lain, Marquez dan Honda memang belakangan acap memble di awal musim seperti terjadi pada 2015 dan 2016. Tak lain karena proses penyesuaian dan pengembangan berbagai komponen baru di RC213.

Tahun ini misalnya dengan pergantian mesin dari screamer ke big-bang. Biasanya, mereka bisa mengejar dan merapat jelang paroh musim.

Saat ini yang percaya itu baru12,79%. Tapi, pasti melonjak jika Marquez bisa meraih kemenangan kali ke-5 di Texas nanti.

Kita tunggu saja. (andro)

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!