MotoGP 2017: Hadang Vinales, Marquez Butuh Pertolongan Rossi

Selasa, 18/04/2017 08:23 WIB

mobilinanews (Spanyol) – Juara dunia bertahan Marc Marquez masih yakin dan siap tampil all out untuk pertahankan gelar musim ini. Salah satu syaratnya ada di tangan Valentino Rossi. Lho?

Saat ini Marquez tertinggal 37 poin dari Maverick Vinales. Jumlah yang masih masuk akal dikejar dalam 16 race berikutnya, terutama jika Rossi juga ikut berebut gelar dan menguras poin Vinales.

Artinya, upaya keras Marquez mengejar poin Vinales bisa sia-sia jika The Doctor memainkan peran sebagai pelindung Vinales. Kasarnya, membiarkan Vinales sebagai rekan satu tim memperoleh kemenangan sembari mengganjal laju Marquez.

“Jadi, saya sangat tak berharap itu terjadi. Kita semua tahu peraturan pertama dalam balapan adalah mengalahkan rekan setim terlebih dahulu. Semua pebalap ingin menang dan untuk itulah kita berada di sini,” tandas Marquez.

Pada 2015 lalu Marquez dituduh Rossi membantu Jorge Lorenzo dalam perburuan gelar, demi menyingkirkan dirinya. Dan, sekarang, tampaknya hal sama dikhawatirkan Marquez.

Kekhawatiran Marquez bisa dimaklumi. Jika Rossi tak ikut menekan Vinales atau malah membantunya, perjuangan Marquez mereduksi angka 37 itu bisa sangat berat. Jika Rossi juga ngotot berebut gelar sembari menghadang Vinales, maka masih ada celah yang bisa dimanfaatkan.

Namun, Marquez juga sadar tak bisa terlalu berharap pada kebijakan dan startegi tim Yamaha yang menaungi kedua rivalnya. Ia tetap harus meningkatkan performa sendiri.

“Yang utama adalah tidak melakukan kesalahan seperti di Argentina. Setiap kesalahan itu dibayar sangat mahal. Saat ini, saya berada di urutan 8 klasemen, tapi banyak hal yang masih bisa berubah. Dalam olahraga ini kita semua adalah petarung,” tandas Marquez yang memang dikenal gigih dan ngotot, saat latihan maupun balapan.

Dengan kata lain, Marquez khawatir jika nantinya Yamaha menerapkan team order dengan mendorong Vinales meraih gelar. Jika itu yang terjadi, tentu fans MotoGP juga dirugikan karena menonton dagelan.

Contoh terbaru adalah team order Mercedes di GP Bahrain kemarin yang menciderai sportivitas karena Valtteri Bottas harus mengalah kepada Lewis Hamilton.

Rossi sendiri belum tentu mau berkorban demi Vinales, tapi boleh dong Marquez khawatir? (andro)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas