MotoGP 2017 Austin : Vinales Gampang Menjinakkan M1, Ini Rahasianya

Jum'at, 21/04/2017 09:23 WIB

mobilinanews (AS) – Sejak kali pertama membesut Yamaha YZR-M1 di Valencia tahun lalu, Maverick Vinales selalu tercepat. Tak cukup hanya dengan kerja keras, tapi juga ‘pengorbanan’.

Mav mengorbankan perasaaan dan keinginannya, dan sepenuhnya menurut pada apa maunya motor. Itulah kunci awal yang bikin dirinya sukses menjinakkan M1.

Itu diawali saat tes Valencia, menggunakan M1 dan setingan milik Jorge Lorenzo. Mav hanya gunakan feeling untuk pakai yang sudah disediakan, tanpa permintaan khusus ini dan itu.

“Ia tak memaksakan gaya balapnya untuk disesuaikan dengan motor, tapi menyesuaikan diri dengan kelebihan yang dimiliki motor. Secara khusus, motor ini sesungguhnya tidak sesuai dengan keinginannya,” kata Ramon Forcada, mantan Chief Mechanic Lorenzo yang kini mengomandani pasukan teknis Vinales.

Salah stau contohnya, kata Forcada, soal pengereman. Seperti Marc Marquez dan joki muda lainnya, Mav sangat menyukai late braking alias ngerem pada titik terdalam.

Ia rela mengubah riding style-nya karena tak mungkin pengereman sekeras RC213V milik Honda dilakukan oleh joki M1. Ia terima perubahan itu untuk ambil keuntungan dari traksi dan stabilitas roda belakang M1 yang sangat kuat. Membuatnya cepat di dalam dan sekeluar dari tikungan.

“Kami sedikit mengadopsi gaya Lorenzo,” ujar Forcada menyebut mantan joki Yamaha itu yang memang jarang lakukan late braking namun selalu paling cepat di dalam tikungan.

“Sekarangia jauh lebih cepat di dalam tikungan dibandingkan saat di Suzuki. Ia manfaatkan disain M1 yang stabil di belakang dan punya daya traksi kuat keluar tikungan. Ia tak sukai itu, tapi begtulah maunya motor,” imbuh Forcada.

Satu-satunya kelemahan Vinales saat ini berada di garis start. Ia harus benahi hal itu karena berpotensi munculkan banyak masalah.

“Di MotoGP, jika telat start maka lima pembalap langsung menyalip Anda sebelum tiba di tikungan pertama. Itu masalah besar jika Anda ingin kemenangan,” tandasnya. (andro)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060