MotoGP Jerez 2017 : Menderita di Jerez, Yamaha Bingung dan Harus Bongkar Semua Data

Selasa, 09/05/2017 07:46 WIB

mobilinanews (Spanyol) – Tradisi apik Yamaha di Jerez dipatah-patahkan Honda dan Ducati pada Minggu (7/5). Tak ada M1 di podium. Anehnya, pebalap dan petinggi Yamaha malah bingung apa sesungguhnya yang menimpa M1.

Dari segi hasil, finish Valentino Rossi ke-10 musim ini adalah terburuk sejak kembali ke Yamaha pada 2013. Khusus di Jerez, itu juga hasil terburuk sepanjang karir balapnya sejak 1996.

“Benar-benar parah. Banyak yang kami kerjakan tapi masalah pada ban depan sama sekali tak menolong. Belakangan banyak getaran dan harus melambat,” keluh Rossi yang sama sekali tak paham mengapa konstruksi ban depan Michelin tak cocok buat Yamaha di Jerez.

Demikian pula dengan Maverick Vinales yang sejak tes pra musim digadang-gadang calon juara dunia.

“Ini bukan salah saya, bukan pula salah tim,” sebut Vinales seolah juga menuduh produk Michelin yang bikin gara-gara.

Tentu saja kesan itu tak bisa dibenarkan lantaran Michelin justru bangga karena produksinya tak masalah buat pembalap lain dan buktinya sudah jadikan 3 pebalap berbeda menjadi juara dalam 4 seri.

Seperti Rossi, ia mengaku menderita sepanjang balapan dan nyaris celaka dalam beberapa momen. Bahwa tak terjadi kecelakaan tak lain karena ia lebih banyak melambatkan motor ketimbang membetot gas sepenuhnya.

“Pada setiap tikungan, saya harus ngerem 30 meter sebelumnya. Kami kehilangan banyak poin penting,” kata juara GP Qatar dan Argentina itu.

Para insinyur Yamaha sendiri belum bisa menentukan sebab ketidakcocokan ban Michelin di Jerez.Varian setup yang dicoba tak ada yang klop, berbeda dengan pemasok ban sebelumnya, Bridgestone, yang bikin Yamaha jaya di Jerez

“Kami bisa lebih bagus jika cuaca lebih adem. Belum tahu apa sebabnya. Semua data hari ini akan dibongkar dan dipelajari tim. Semoga tes Senin (8/7) ini bisa memberi jawaban,” kata Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha. (andro)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik