Unik, Tradisi Balimau di Muara Lembu Selalu Digelar Ajang Grasstrack

Selasa, 16/05/2017 08:30 WIB

mobilinanews (Teluk Kuantan) - Ada kebiasaan yang telah menjadi tradisi di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Setiap tahun sebelum memasuki bulan suci Ramadhan ditandai dengan mandi Balimau di tepian Pantai Muara Lembu. Bukan balimau yang unik, tapi selalu digelar ajang grasstrack dan motocross sejak tahun 1998 silam.

Bagi masyarakat disana, mandi balimau sudah menjadi tradisi sejak dahulu. Namun sejak 19 tahun belakangan diramaikan dengan kejuaraan GTX/MX. "Saya salah satu saksinya, sejak tahun 1998 selalu jadi pembawa acara disana," ungkap Yakub Rainbow, MC balap garuk tanah langganan di wilayah Riau.

Tentunya ada sang aktor di baliknya. Setelah diusut, akhirnya diketahui promotor sekaligus juragan lokal bernama Fedrios Gusni. Pria berusia 40 tahun yang akrab disapa Bang Fed inilah menjadi penyelenggara.

Fedrios pun mendirikan klub Bankfed Racing Team (BRT) yang terdaftar di Pengprov IMI Riau. Melalui BRT inilah Fedrios menggelar kejuaraan setiap menjelang memasuki bulan puasa.

"Kami setuju ada keramaian setiap hari di tepian pantai. Masyarakat bisa menikmati keindahan pantai, mencicipi makanan yang dijual pedagang lokal sambil menyaksikan pebalap latihan. Ada perputaran uang terjadi, sehingga bisa mengangkat perekonomian," senang Syafii, Lurah Muara Lembu.

"Awalnya ingin mencari bibit muda yang berbakat menjadi crosser. Cukup banyak potensi yang kelihatan, tapi mereka tidak punya arena menyalurkan bakat. Namun belakangan malah menjadi tradisi setiap memasuki Ramadhan," beber Bang Fed.

Tahun ini ajang balap garuk tanah bakal diadakan hari Kamis dan Jum`at, 25-26 Mei 2017. "Di Kuansing banyak bibit muda yang menjadi crosser. Bahkan Muara Lembu saja ada 25 tracker yang sering ikut kejuaraan, belum di daerah lainnya, jumlahnya mencapai ratusan," ujar Fedrios.

Bahkan crosser nasional Akbar Taufan dan Rizky HK siap hadir menjadi bintang tamu dan meramaikan kompetisi. "Iya, sudah konfirmasi mau datang. Ini bisa jadi daya tarik dan magnet bagi crosser lainnya," semangat BankFed.

Pantas bila IMI Riau cepat mengeluarkan rekomendasi untuk event di Muara Lembu. Ternyata potensi balap dipadu budaya lokal menjadikan tontonan menarik. Tradisi yang perlu dipertahankan. (Bangve)

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia