MotoGP 2017 LeMans: Aspal Baru, Saatnya Joki RC213V Menggusur Yamaha?

Rabu, 17/05/2017 18:08 WIB

mobilinanews (Prancis) – Lupakan tradisi apik Yamaha di Sirkuit LeMans, Prancis, ronde kelima MotoGP pada 21 Mei. Fakta terkini yang bicara, bahwa Honda sudah pulih dari penyakit akselerasi mesin barunya dan saatnya merebut puncak klasemen.

Itulah yang menyemangati Marc Marquez dan Dani Pedrosa menuju LeMans yang secara teknis dianggap trek yang lebih cocok dengan karakter Yamaha. Jerez yang tradisinya dikuasai joki M1, nyatanya toh bisa dimenangi Pedrosa. Dengan tipikal Jerez dan LeMans yang tak beda jauh, pendek dan sempit, keduanya pun yakin RC213V bisa raih kemenangan beruntun setelah GP Austin dan Jerez.

“Musim ini memang lebih sulit membuat prediksi. Kami hanya perlu bertindak seperti dua race terakhir, yakni kerja keras plus mentalitas yang kuat,” ucap Marquez yang baru 2 kali menang (Moto2 2011 dan MotoGP 2014) di LeMans.

Aspal baru LeMans menjadi faktor lain untuk tidak serta merta mengunggulkan Yamaha. Baru pada sesi latihan Jumat akan terlihat seperti apa prilaku ban di atas aspal baru ini.

“Fokus pada aspal baru sejak Jumat pagi. Grip pasti lebih bagus dan itu positif buat kami,” tandas Marquez yang jika menang di LeMans berarti ambil alih pucuk klasemen dari Valentino Rossi.

Semangat serupa dilontarkan rekan setimnya, Pedrosa, yang masih dibalut euforia kemenangan di Jerez. “Akselerasi dan stabilitas pengereman sangat penting di LeMans, tapi yang lebih penting danjadi kunci adalah konsistensi. Seluruh aspek tengah positif usai Jerez, kami akan bermain dengan level sama,” katanya.

Cuma satu yang ditakutkan para penggeber RC213V itu. Bukan Yamaha, bukan Ducati apalagi Suzuki, tapi cuaca yang acap berubah cepat di LeMans. Terlebih lagi hujan, bisa bikin payah keduanya. (andro)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali