Thailand Geser Indonesia Sebagai Tuan Rumah MotoGP 2018, Bagaimana Sirkuit Palembang?

Selasa, 06/06/2017 20:03 WIB

mobilinanews (Bangkok) – Tanpa heboh di media, rupanya para petinggi The Sports Authority of Thailand (SAT) melakukan rapat penting dengan Dorna Sports di Florence, Italia, Sabtu (3/6).

Hasilnya, SAT  sudah dapatkepastian jadi tuan rumah MotoGP tahun depan di Sirkuit Buriram yang saat ini sudah menghelat serial balap WSBK yang juga berada di bawah kendali Dorna.

“Pembicaraan berlangsung 3 jam. Dorna memberikan hak penyelenggaraan untuk 3 tahun, dari 2018 sampai 2020,” bunyi pernyataan SAT seperti dikutip wheel24.co.za.

Dalam statement itu juga disebutkan seri Buriram tahun depan dihelat pada 5-7 Oktober. SAT juga menyebut tinggal menunggu kontrak tertulis dari Dorna.

Namun, itu baru klaim sepihak dari SAT. Dari Dorna sendiri belum ada konfirmasi apa pun.

Seperti diketahui, Dorna dengan dukungan tim pabrikan utama seperti Yamaha dan Honda, sesungguhnya inginkan Indonesia kembali jadi penyelenggara mengingat majunya industri sepedamotor dan antusiasme  fans MotoGP yang sangat tinggi dinegeri ini.

Tahun lalu di Sepang, Dorna juga sudah berikan lampu hijau untuk penyelenggaraan 2018 di Sirkuit Jakabaring, Sumsel. Desain sirkuit juga sudah dibuat arsitek sohor Hermann Tilke dari Jerman. Sayangnya, sudah beberapa bulan ini tak banyak progres yang dipublikasikan. Konon masih menunggu investor.

Jika benar Thailand geser Indonesia untuk seri 2018 maka itu adalah kerugian besar buat penggemar MotoGP di Tanah Air. Terlebih karena tahun depan Valentino Rossi yang amat popular di sini masih terikat kontrak dengan Yamaha.

Buriram adalah sirkuit baru berkelas internasional yang dibangun konglomerat Thailand Newin Childchob dengan target ambisius mendatangkan WSBK, MotoGP dan F1 ke negeri Gajah Putih. Ia habiskan dana pembangunan sebesar 58,9 juta USD.

Bagaimana dengan sirkuit MotoGP Jakabaring Palembang, Pak Alex Noerdin? (andro)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!