MotoGP Catalunya 2017 : Makin Sulit Buat Marquez, Semua Laga Krusial

Rabu, 07/06/2017 14:57 WIB

mobilinanews (Barcelona) – Defisit 37 poin di klasemen membuat peluang Marc Marquez belum mati, tapi jelas sulit mempertahankan gelar tahun ini.
 
“Buat saya sebenarnya setiap balapan penting dan krusial. Tapi, tahun ini lebih berat karena lebih sulit memprediksi segalanya,” tutur Marquez.

Itu terjadi sejak Michelin menjadi pemasok ban baru menggantikan Bridgestone. Karakter ban ini yang membuat performa RC213V naik turun.

Ia ambil contoh hasil lomba Jerez dimana Honda finish 1-2 padahal bicara tradisi maka trek ini adalah milik joki Yamaha.

Hasil terakhir di Mugello pun berkaitan dengan ban, khususnya depan. Ban lembut, katanya, terlampau lembut sementara type medium terlampau keras. Itu sebabnya Marquez hanya bisa agresif di lap awal, dan seterusnya untuk melewati pembalap sekelas Alvaro Bautista pun sangat sulit.

Itu juga sebabnya sulit mengkalkulasi kekuatan dan hitung-hitungan dalam 12 laga di depan. Bicara tradisi, dari 12 itu ada beberapa sirkuit yang selama ini seolah mutlak milik Honda macam Sachsenring, Aragon, dan Motegi, tapi kali ini takbisa jadi ukuran.

“Intinya kami masih harus terus bekerja keras dan melihat celah pengembangan,” kata Marquez yang dalam enam laga musim ini baru sekali menang, di Austin yang kembali terbukti memang milik Honda.

Bahwa ia sangat bersemangat menyongsong GP Catalunya, tak lain karena menjadi rider tuan rumah meskipun faktanya baru sekali menang di sana sejak main di MotoGP pada 2013.

Persoalan ban itu juga diapungkan rekan setimnya, Dani Pedrosa. Juara di Jerez, ia  keteter di Mugello sampai akhirnya terkapar di lap terakhir usai menubruk Cal Crutchlow (LCR Honda).

“Sejak sesi latihan kami kesulitan dapatkan grip ban, depan maupun belakang, dan makin parah saat balapan. Banyak pembalap melewati saya dan sama sekali tak bisa menyaliplagi. Mudah-mudahan kami membaik di Catalunya,” ujar Pedrosa, hanya berharap. (andro)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik