Ducatista Sebut Michelin Cocok dengan Desmosedici, Dovizioso Membantah

Selasa, 20/06/2017 17:28 WIB

mobilinanews (Italia) – Petinggi Ducati Corse merasa tahun ini punya potensi memenangkan serial MotoGP lewat Andrea Dovizioso. Ducatista, kelompok penggemar fanatik Ducati, malah menuntut saatnya pabrikan Italia itu juara lagi setelah gelar perdana pada 2007.

Performa Desmosedici GP17 musim ini memang apik di bawah kendali Dovi. Kemenangan beruntun di Mugello dan Catalunya membuatnya kokoh di peringkat 2 klasemen dengan defisit hanya 7 poin dari Maverick Vinales. Padahal tahun lalu ia hanya finish ke-5 dan 7 di sirkuit itu.

Selain pengembangan teknis GP17 yang semakin laju dan stabil di zona tikungan, Ducatista melihat keuntungan lainnya adalah karakter ban pasokan Michelin yang ditengarai lebih cocok dengan Ducati ketimbang pabrikan lain macam Honda dan Yamaha. Di Mugello dan Catalunya misalnya, para rider Yamaha dan Honda menjerit soal grip ban namun tidak bagi Dovi.  

Dovi sendiri membantah tudingan kalau motornya paling cocok dengan Michelin. Ia mengatakan ada perbedaan karena ia sendiri melakukan pendekatan yang berbeda. Ia mengaku mengubah cara pikirnya sejak pertengahan tahun lalu, belajar lebih banyak hal dan berusaha lebih detil. “Hasilnya sangat terasa. Hal-hal kecil saja bisa membuat perubahan besar,” tandasnya.

Soal besutannya, Desmosedici GP17 dinilai belum sepenuhnya seperti harapan dan belum bisa diprediksi mampu raih trofi. Beda dengan spek 2016 yang pakai winglet, GP17 punya kelebihan tapi juga masih ada beberapa poin yang harus ditingkatkan.

“Kejuaraan tahun ini juga sangat berbeda, saya tak tahu kenapa kinerja ban kadang buruk, kadang baik. Kadang menguntungkan kami, kadang menguntungkan pabrikan lain. Itu sangat sulit, tapi dengan memperhatikan banyak hal maka terdapat kemungkinan hasil berbeda,” imbuhnya. (andro)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas