MotoGP Assen 2017 : Saatnya Rossi Paksakan Kemenangan

Kamis, 22/06/2017 16:02 WIB

mobilinanews (Belanda) – Pertarungan akhir pekan ini terbilang genting bagi Valentino Rossi. Menang atau setidaknya podium jadi keharusan agar kembali berada di jalur perebutan gelar juara dunia 2017.

Terperangkap di peringkat 5 dengan gap 28 poin dari pemimpin klasemen Maverick Vinales menjadi beban tersendiri. Jika tak beranjak dari 5 Besar, apalagi turun maka posisi The Doctor bisa semakin hancur.

Bicara data masa lalu, tentu saja Rossi favorit di Assen dengan bukti 9 kali juara di semua kelas, khusus MotoGP sebanyak 7 kali.Terakhir ia menang musim 2015 sekaligus bikin rekor best lap 1:32,627.

Tahun lalu dalam kondisi wet race yang parah sehingga start harus 2 kali, ia 3 Besar pada race pertama. Nahas, M1-nya tergelincir saat memimpin dua lap awal race 2 dan langsung DNF.

Bicara data saat ini, faktanya Rossi belum sekalipun menang dalam 7 ronde awal 2017. Tradisi menang di Assen juga tak jadi jaminan karena faktanya di Jerez dan Catalunya yang dulu  wilayah kekuasaan Yamaha,  kini malah diambil Ducati.

Rossi sangat sadar sulit memprediksi balapan musim ini meskipun di lintasan kering, apalagi di lintasan basah yang serba tak menentu. Meski begitu ia amat antusias masuk Assen seperti biasanya. Sebanyak 18 tikungan (12 kanan dan 6 kiri), mayoritas adalah tikungan cepat yang amat cocok dengan karakter M1 dan gaya balap Rossi yang kurang suka hard braking.

Satu hal lain yang bikin ia on fire ke Assen adalah hasil tes Catalunya dimana Yamaha menguji beberapa komponen baru, termasuk sasis yang diakui Rossi lebih bagus dari versi terdahulu.

“Kami menguji berbagai item dan menemukan sejumlah solusi menarik. Saatnya  menguji di trek berbeda untuk memastikan pengembangan M1 berada di garis yang benar,”ucap Rossi lewat rilis resmi tim Movistar Yamaha.

Agar benar-benar teruji, itu M1 harus dikebut  dan dipaksa sampai batas maksimumnya. Jika oke di sesi latihan, khususnya FP4 yang biasanya sudah setingan teknis untuk raceday, maka tiba juga saatnya The Doctor memaksakan kemenangan. (andro)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24