Tips Mudik: Hati-Hati dengan Jumlah Barang Bawaan, Ingat Mudik Bukan Minggat!

Jum'at, 23/06/2017 17:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pemudik yang menggunakan sepeda motor selalu menjadi bagian dari kegiatan mudik yang berlangsung setiap tahun. Meski banyak himbauan untuk tidak mudik dengan motor, namun alasan irit selalu menjadi alasan bagi para pengendara yang ingin pulang kampung. 

Mudik dengan motor juga tidak ada larangannya, namun resiko kecelakaan harus disadari oleh semua pengendara agar mereka lebih ekstra hati-hati. Demi mengurangi resiko kecelakaan, jelas beban dan muatan di motor tidak boleh berlebihan. 

"Banyak pemudik motor yang membawa barang bawaan melebihi kapasitas. Hal ini tidak dianjurkan untuk perjalanan jauh karena menyulitkan pengendara saat bermanuver," ujar Siswanto, safety riding instructor Wahana Honda. 

Adapun hal yang menjadi rekomendasi adalah penggunaan box belakang ataupun box samping kiri kanan. “Tapi pemasangannya harus sesuai dengan ketentuan karena jika tidak, juga bisa membahayakan pengendara lain,” lanjutnya. 

Selain itu, rasanya juga tidak ada salahnya untuk mengikuti tips mudik ala komedian Cak Lontong. Pelawak bertubuh besar tersebut memberikan tips kepada pemudik untuk membawa barang seadanya. "Ingat, ini mudik, bukan minggat," jelas Cak Lontong. (adri)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas