Polisi Akan Berlakukan Contra Flow Kalau Rest Area Cikampek Penuh

Selasa, 27/06/2017 19:25 WIB

mobilinanews (Cikampek) - Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) memprediksi kepadatan akan terjadi di rest area KM 62, KM 52, dan KM 42 Tol Cikampek arah Jakarta saat arus balik yang diperkirakan akan mulai padat pada Rabu (28/6) besok.

Untuk itu, jika kepadatan terjadi di rest area tersebut, polisi akan memberlakukan contra flow dari KM 68 hingga KM 40.
"Kami akan loloskan itu, terutama dari arah Cipali. Kalau dari arah Cipularang tidak bisa," kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Komisaris Besar Benyamin di Gedung Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (27/6) .

Menurut Benyamin, pemberlakuan contra flow tersebut akan situasional, tergantung seberapa padat arus lalu lintas di sana. Untuk mengantisipasi antrian di gerbang tol, menurutnya, juga akan situasional tergantung seberapa banyak kendaraan yang masuk ke dalam tol.

"Sepanjang di dalam masih menampung, kami akan buka selebar-lebarnya gate masuk tol. Kalau di situ tidak menampung, baru kami batasi. Tapi arus balik tidak seperti arus mudik. Kalau mudik, memang diatur supaya di depan juga bisa menampung," tutur Benyamin.

Khusus di gerbang tol Cikarang Utama, menurut Benyamin, apabila ekor kemacetan mencapai 5 kilometer, petugas akan meloloskan kendaraan tanpa perlu membayar tol. "Setelah cair, dikembalikan seperti semula. Jadi tidak selamanya," kata Benyamin. (budsan, tempo.co)

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan