F1 Azerbaijan: Terungkap, Hamilton Memang Melambat Saat Ditabrak Vettel

Rabu, 28/06/2017 02:04 WIB

mobilinanews (Baku) - Pertikaian antara dua bintang F1 antara Sebastian Vettel dengan Lewis Hamilton memang menarik untuk diikuti. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Vettel tidak terima kalau hanya dirinya yang mendapat sangsi 10 detik, karena ia beranggapan keisengan Hamilton yang lebih dulu mengawali insiden tersebut. 

Kejadian berawal saat safety car akan menggiring rombongan untuk start ulang. Hamilton yang berada di depan melakukan pengereman secara tiba-tiba, lalu Vettel yang berada di belakang tidak menyangka Hamilton akan melambat sehingga saya depan Vettel menghantam bagian belakang mobil Hamilton. Kemudian Vettel merespon dengan menyenggol mobil Hamilton dari sisi kiri hingga keduanya berbenturan. Vettel pun diganjar penalti 10 detik karena manuver yang membahayakan.

Meski demikian, pihak stewards FIA telah merilis alasan kenapa hanya Vettel yang mendapat penalti. "Dari data saat terjadi insiden, menunjukkan Hamilton menjaga batas kecepatan dan konsisten sesuai dengan ketentuan," demikian keterangan resmi FIA yang dirilis, Selasa (27/6) kemarin. 

Hamilton sendiri mengaku memperlambat laju mobil tapi tidak tidak melakukan brake test seperti yang dituding Vettel. "Saya hanya menjaga limit kecepatan, seperti yang dilakukan semua pebalap saat start ulang," ungkap Hamilton.

Sementara itu, keputusan stewards juga didukung oleh beberapa pebalap, salah satunya Daniel Ricciardo. Menurut Ricciardo Hamilton punya hak sepenuhnya karena menjadi leader. (adri)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!