MotoGP Jerman 2017 : Gejolak di 3 Besar, Marquez Tetap Ancaman

Sabtu, 01/07/2017 12:56 WIB

mobilinanews (Sachsenring) – Kata petugas yang memprediksi cuaca, tak ada hujan pada raceday Minggu (2/7) di Sirkuit Sachsenring.Tapi, itu belum membuat tenang para penghuni 3 Besar klasemen sementara MotoGP 2017.

Mereka tetap fokus mempersiapkan motor untuk kondisi wet race.Terutama Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales (Yamaha) yang berjaya di lintasan kering FP1 namun terpuruk di FP2 yang berlangsung di lintasan basah.

Pemimpin dan runner-up klasemen sementara itu merasa performa motor masing-masing belum maksimal di trek basah dan kudu mendapatkan setingan baru yang lebih mumpuni melawan Marc Marquez yang tercepat kedua saat hujan melanda FP2.

Lebih parah adalah valentino Rossi, penghuni peringkat 3 klasemen. Kering maupunbasah, ia terkendala. FP3 pada Sabtu (1/7) ini jadi penentu apakah bisa lolos langsung ke Q2 atau terpuruk ke Q1.

“Jika sempat start dari belakang di sirkuit ini, itu berarti mimpi buruk. Saya harus temukan solusi dan memodifikasi beberapa bagian motor. Semoga saja sesi FP3 berlangsung kering dan dapatkan posisi langsung ke Q2,” katanya.

Tentu tanpa kepastian apakah itu bisa diwujudkan atau tidak. Masalah utama pada M1-nya adalah grip ban yang lemah di atas aspal baru Sachsenring, membuat stabilitas motor goyah di tikungan.

Dovi, MV dan VR memang harus siap tempur di semua kondisi lintasan. Selisih poin yang sangat rapat (115, 111 dan 108) memungkinkan perubahan posisi di klasemen.

Meski tercepat di FP1, Dovi belum bisa diunggulkan menang kalaupun nantinya race berlangsung kering. Seiring dengan banyaknya karet ban yang melekat bekas pakai Moto3 dan Moto2 membuat daya traksi ban terhadap permukaan aspal semakin kuat.

Pada situasi itu, maka ketiganya harus fight satu sama lain untuk amankan posisi.
Ketiganya sepakat, para petarung Honda macam Marc Marquez dan Dani Pedrosa adalah lawan lain yang harus diperhitungkan menuju podium. Reputasi Marquez yang belum terkalahkan di Sachsenring tak bisa diabaikan meskipun hanya finish ke-6 di FP1 dan ke-2 di FP2.

Berada di urutan 4 klasemen, Marquez memang berpotensi mengacak-acak komposisi 3 Besar.

Koleksi poin 104 bahkan punya potensi mengambil alih pucuk pimpinan klasemen dengan syarat ia juara sementara Dovi tak naik podium dan Vinales hanya urutan P3.

Itulah yang kudu dijaga Dovi sehingga dua sesi latihan pada hari ini ingin dimaksimalkan untuk dapatkan set up terbaik. (andro)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo