F1 Austria: Meski Gemilang, Masa Depan Bottas Terancam oleh Alonso, Ini Alasannya

Minggu, 09/07/2017 17:04 WIB

mobilinanews (Spielberg) - Valtteri Bottas jalani debut gemilang di tim elit Mercedes. Pole position di GP Austria (kali kedua musim ini setelah GP Bahrain) plus juara di GP Rusia jadi bukti besarnya talenta driver Finlandia berusia 27 tahun itu. 

Sayang, itu belum cukup untuk menjamin nasibnya terang benderang untuk musim depan. Ia hanya dikontrak setahun oleh Mercedes untuk menggantikan Nico Rosberg yang akhir tahun lalu mendadak pensiun. Belum ada tanda-tanda ia bakal tetap mendampingi Lewis Hamilton musim 2018. 

Petinggi tim Mercedes Toto Wolff mengakui memang belum ada kepastian promosi buat Bottas. “Kami tak perlu tergesa-gesa. Yang jelas,Valtteri sudah jalankan tugasnya dengan baik. Kami puas dan tak ada alasan mengeluhkan dirinya,” katanya.

Tapi, ucapan Wollf tak mampu mengusir gosip-gosip liar di paddock F1. Salah satu sebab belum pastinya nasib Bottas disebut-sebut berkaitan dengan Fernando Alonso sang juara dunia 2004-2005. Belakangan, pebalap McLaren itu dikabarkan siap berlabuh di Mercedes tanpa bayaran dan akan hidup dari dana sponsor saja. Dari aspek bisnis, ini jelas godaan karena di belakang Alonso terdapat sponsor besar.

Menyikapi gosip itu, Wollf menjawab diplomatis. “Tak diragukan lagi Alonso adalah pealap besar dan salah satu figur penting di F1. McLaren dan Honda tentu mengapresiasinya. Tapi, pada saat ini, kami puas dengan line-up pebalap yang dimiliki. Stabilitas tim sangat penting. Dinamika antarpebalap juga penting,” ucap Wolff yang ironisnya tahun lalu terkesan ‘memelihara’ rivalitas Hamilton dan Rosberg dalam timnya. 

Seperti katanya, ya, pada saat ini. Tidak tahu sebulan atau dua bulan lagi mungkin ada perubahan. Namanya juga F1, yang dikitari berbagai kepentingan bisnis. (andro)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060