F1 2017 Hungaria: Supersoft Paling Laris di Hungaroring

Minggu, 23/07/2017 23:10 WIB

mobilinanews (Budapest) –Soal ban selalu menarik di kancah balap Formula 1. Makin menarik setelah bencana yang melanda dua Ferrari di GP Inggris, hanya dua lap jelang selesai balapan.

Ban pula yang menjadi salah satu faktor penting melakoni GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring minggu depan. Maklum, balapan di sini selalu kering dan acap main dalam cuaca yang panas.

Tercatat hanya sekali wet race berlangsung di sana, musim 2006.  Tak jarang pula lintasan berdebu. Bisa jadi itu salah satu sebab mengapa rekor kecepatan Michael Schumacher (Ferrari) 1:19,071 belum terpecahkan sejak 2004.

Sebagian dari 14 tikungan dalam trek sepanjang 4,381km itu juga punya braking zone yang lumayan menguras performa ban.

Berbagai drama kekalahan dan kemenangan tercatat di Hungaroring sejak era Alain Prost, Ayrton Senna, Nigel Mansell, Schumacher dan Mika Hakkinen akibat tergerusnya si karet bundar.

Contoh terbaru adalah kemenangan historis Daniel Ricciardo pada musim 2014. Ia ganyang dua driver senior Lewis Hamilton dan Fernando Alonso pada lap terakhir jelang finish line, tak lain karena soft tyre yang saat itu dipakai keduanya sudah hancur-hancuran.

Kini tersedia yang lebih lembut, supersoft tyre, yang menjadi favorit seluruh kontestan. Kompon itu palingbanyak dipesan pebalap dari 13 set ban yang dialokasikan Pirelli.

Mari ditunggu, adakah drama berikutnya? (andro)

TERKINI
Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat