Waspada, Turn 4 Sirkuit BSD City Banyak Makan Korban

Sabtu, 19/08/2017 16:07 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Balapan jalan raya BSD City Grand Prix akan berlangsung Minggu (20/8) besok berbarengan dengan hari penutupan pameran otomotif GIIAS 2017.

Meski demikian, rangkaian agenda BSD GP sudah dimulai sejak Jumat (18/8) kemaren untuk sesi free practice. Sementara hari ini, Sabtu (19/8) berlangsung sesi kualifikasi.

Hal yang menarik adalah sejak sesi latihan bebas kemarin, banyak pebalap yang menjadi korban dan semuanya terjadi di spot yang sama yaitu tikungan ke-4 Sirkuit BSD. Mereka antara lain Haridarma Manoppo, M Ichsan, dan Prastya Putra.

Ada yang janggal di tikungan 4 karena pada spot itu terlihat ada trotoar jalan yang tidak tertutup atau tidak terhalangi barrier (pembatas) sehingga pebalap yang hanya berpatokan pada barrier tidak menyadari keberadaan trotar yang cukup tinggi.

Hal tersebut diakui oleh pebalap unggulan di kelas STC 2100 Muhammad Ichsan. "Cukup bahaya karena saya tidak melihat trotoar itu. Posisi trotoar itu ternyata lebih menonjol dan tidak sejajar dengan barrier. Hasilnya ya begini," jelas M Ichsan yang mengalami patah as roda pada mobil Honda Genio miliknya.

M Ichsan menambahkan dirinya tidak ingin mengatakan kalau sirkuit BSD City tersebut tidak safety namun minimnya waktu latihan berpotensi menjadi faktor penyebab kecelakaan karena semua peserta pasti ingin mencari waktu terbaiknya padahal masih beradaptasi.

Tak hanya M Ichsan, nasib yang sama juga dirasakan pemimpin klasmen sementara di kejurnas ITCC, Haridarma Manoppo saat latihan bebas kemaren. "Saya terlalu bersemangat juga. Plus sedikit sial juga. Tapi memang harus hati-hati disitu," kata Haridarma.

Kejadian ini membuat mekanik tim TTI harus bekerja keras untuk segera melakukan recover khususnya setingan ulang suspensi.

Sementara itu, sebanyak 7 kelas yang dilombakan di BSD GP dijadwalkan melaksanakan sesi kualifikasi hari ini, Jumat (19/8). (adri)

 

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan