MotoGP 2017 Inggris: Mati Mesin Saat Kecepatan 320km/jam, Marquez Utamakan Selamat

Senin, 28/08/2017 15:12 WIB

motorinanews (Silverstone) –Belum ketahuan penyeba meledaknya mesin motor Marc Marquez di GP Inggris, Minggu (27/8). Kalaupun tahu, pastinya akan dirahasiakan detilnya. Yang pasti, itu mesin fresh yang baru keluar dari bungkusnya, dipakai baru tiga hari.

Itu sebabnya Marquez mengaku bingung karena sebelumnya tak ada tanda-tanda negatif. Ia bahkan bersyukur karena selamat dari insiden yang bisa parah.

Sebab, begitu mesinnya mati maka roda belakang langsung terkunci. Jika ia tak tepat menetralkan transmisi bisa berpotensi terbalik model highside alias terpental ke udara sebelum terbanting ke aspal.

Pasalnya, insiden itu terjadi saat melaju di Hangar Straight, trek lurus terpanjang dari 4 lintasan lurus Sirkuit Silverstone. Area itu dilintasi pebalap MotoGP dengan rata-rata top speed di atas 300 km/jam. Marquez sendiri pada lap sebelumnya rata-rata kecepatan kisaran 320 kpj di area tersebut.

“Saat itu yang terpikir hanya bagaimana menghentikan motor dengan cepat. Saat ini yang saya pikirkan adalah kejuaraan duniakarena sungguh tak enak kehilangan posisidengancara demikian. Soal mesin mati, biarlah itu urusan Honda dan saya yakin mereka akan segera tahu penyebabnya dan mengambil pelajaran untuk seri selanjutnya,” ucap Marquez yang harus pulang tanpa poin dan kehilangan ‘jabatan’ sebagai pemimpin klasemen.

Sejak besut RC213V pada awal 2013, ini kali pertama Marquez alami jebol mesin. Sialnya, terjadi pada race yang poinnya sangat menentukan perburuan gelar. Pada saat posisinya melaju di baris depan dalam perebutan podium.

GP Inggris kali ini memang apes buat keluarganya.Sang adik, Alex Marquez, yang tarung di kelas Moto2 juga alami hari nahas. Memimpin balapan hingga lap ke-10, pada akhirnya harus puas finish ke-14 karena sempat jatuh di lap 11.

“Tapi, inilah bagian dari sebuah balapan. Apa saja bisa terjadi. Yang penting masih berada di zona perebutan gelar,” imbuh Marquez menghibur diri. (andro)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!