Avanza Tak Sekedar Nama, Tapi Cara Toyota Merangkul Indonesia

Kamis, 07/09/2017 09:56 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Lahir sebagai mobil yang awalnya diperuntukkan bagi keluarga Indonesia, Toyota Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Avanza pun terus tumbuh menjadi sebuah fenomena. Mencetak beberapa rekor dalam industri otomotif nasional, hingga mendapat julukan mobil sejuta umat dari masyarakat. 

Fakta tersebut sepertinya bukanlah sebuah kebetulan ataupun keberuntungan karena lewat Avanza, Toyota semakin dekat dan dicintai konsumen dalam negeri. 

Jika diartikan nama Avanza yang diambil dari bahasa Italia memiliki makna peningkatan. Faktanya lagi sejak generasi pertama lahir pada 2003 silam, Avanza terus berinovasi dan berimprovisasi mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang membuat mobil 7 seater satu ini selalu berjaya sekaligus membuat pesaing tak berdaya. 

Inovasi memang menjadi komitmen Toyota untuk semua model kendaraannya, namun kembali lagi realitanya Avanza selalu menjadi model juara untuk Toyota

Sedikit bernostalgia, tak ada salahnya kita mengenang awal kemunculan MPV Toyota yang terjual drastis ini. Yang pasti di tahun pertama diluncurkan Avanza terjual hingga mencapai 100.000 unit. Lalu penyegaran dilakukan pada tahun 2006 dengan desain baru pada tampilan depan dan belakang.

lAksesoris juga terdapat penambahan plus menggunakan teknologi baru VVT-i di semua tipe. Di tahun 2008 juga kembali dilakukan penyegaran pada Avanza generasi pertama in, dilanjutkan dengan penambahan line-up di tahun 2009 dan 2010.

Di tahun 2011 Toyota melahirkan generasi baru Avanza yang diberi nama All New Toyota Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Avanza, serta menghadirkan pilihan baru yaitu All New Toyota Avanza/" style="text-decoration:none;color:red;">Toyota Avanza Veloz, dilanjutkan dengan melakukan penyegaran di tahun 2013. 

Lalu memasuki tahun 2015, Toyota meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz dengan pilihan mesin yang lebih lengkap melalui 1.300 cc dan 1.500 cc dan berbagai improvement menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia dan tren masa kini yang menjadikan Avanza dan Veloz tetap mendapatkan perhatian serta memberikan kepuasan bagi konsumen 7 seater di Indonesia. 

Ada banyak sebab dan alasan kenapa Avanza dan Veloz selalu menjadi pilihan selama lebih dari satu dekade. Salah satu jawaban yang bisa dilihat dan dirasakan langsung adalah Toyota mampu menjawab kebutuhan masyarakat dengan melakukan berbagai penyempurnaan, dan begitu seterusnya.

Tak hanya itu, komitmen Toyota dalam merealisasikan makna nama Avanza (peningkatan) terbukti karena di Avanza hadir dengan fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap.

Tak hanya mengutamakan performa, kenyamanan, dan peningkatan fitur saja, pada generasi teranyar Avanza dan Veloz, aspek desain sepertinya juga menjadi pertimbangan. Bagaimana tidak, Avanza dan Veloz yang tampil lebih modern dan stylish dengan grille yang lebih agresif dan garis body yang lebih dinamis. 

Perhatian Toyota dalam tampilan juga terasa dengan penggunaan velg sporty berwarna silver dan hitam memberikan kesan agresif kepada Avanza yang sebelumnya lebih dikenal dengan gimick yang sedikit polos. 

"Avanza ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan dari masyarakat Indonesia, terus disesuaikan dengan kondisi geografis alam di Indonesia. Sehingga kami mengatakan mobil ini real MPV bagi masyarakat Indonesia," ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM).  

Lebih lanjut, Fransiscus Soerjopranoto, menambahkan kalau apa yang dilakukan Toyota selama ini untuk mempertahankan dominasi Avanza juga bisa dijelaskan dengan data. 

"Grand New Avanza dan Grand New Veloz menjadi salah satu produk pionir yang lahir dengan semangat Let’s Go Beyond sampai saat ini masih terus berkontribusi untuk mempertahankan posisi Toyota sebagai market leader. Di tahun 2017 ini, Avanza masih memimpin di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan market share 43%, serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan Toyota di segmen MPV secara keseluruhan yaitu sekitar 44%." 

“Kami bersyukur Avanza dan Veloz masih menjadi pilihan utama di usianya yang memasuki tahun ke-14 dan telah menemani aktivitas 1,6 juta masyarakat Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Avanza dan Veloz memang menyesuaikan karakter dan kebutuhan konsumen tanah air,” beber Fransiscus Soerjopranoto. (adri)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas