WRC 2017: Dibajak Dari M-Sport, Citroen Ingin Pulangkan Ogier

Jum'at, 08/09/2017 14:38 WIB

mobilinanews (Prancis) – Pabrikan mobil Prancis, Citroen, ingin kembali berada di level atas kejuaraan reli dunia WRC (World Rally Championship) 2018. Selain siapkan besutan spek 2018 dengan potensi juara,  Citroen juga ingin menarik kembali mantanperelinya,Sebastian Ogier, yang justru meraja diluar tim Citroen.

Ogier memulai karir juniornya dengan Citroen pada musim 2008 dannaikke tim pabrikan pada 2011.Tahun berikutnya pereli Prancis itu hengkang ke tim VW Motorsport dan sukses meraih juara dunia beruntun pada 2013, 2014, 2015, dan 2016.

Karena VW mundur dari WRCd akhir 2016 maka Ogier pun gabung tim M-Sport dengan besutan Ford Fiesta pada 2017 dengan hasil sementara memimpin kejuaraan dunia dengan keunggulan 17 poin sementara event WRC tersisa hanya tiga seri. Artinya, Ogier berpotensi besar meraih gelar kelima tahun ini.

Reputasi itu membuat Citroen kepincut membajaknya dari Ford. “Kami ingin ia kembali ke Citroen. Itu prioritas musim 2018,” tegas Team Principal Citroen Yves Matton.

Matton sudah beberapa kali bahas kemungkinan itu dengan Ogier namun belum ada keputusan final.

“Bukan hanya kami yang inginkan dirinya, tapi itu  bukan hambatan utama.Yang harus dikedepankan saat ini adalah menyamakan program. Apa yang ia harapkan dan apa harapan kami, apa targetnya dan apa pula target kami,” ujar Matton.

Soal seberapa besar kans Citroen mendapatkan kontrak Ogier, ia menjawab, “Tak soal apakah saat ini 90 atau 10 persen. Jika tidak 100 persen, maka tak ada tanda tangan kontrak.”

Ogier juga punya opsi perpanjangan kontrak di M-Sport, tim nonpabrikan yang disokong Ford. Tapi, bulan lalu ia bilang hanya akan bertahan di M-Sport jika pabrikan Ford memperkuat dukungan pada tim. (andro)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok