Mengenang Wing Haryanto, Selama Hidupnya Didedikasikan Untuk Dunia Motorsport

Selasa, 26/09/2017 20:19 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Inalilahi Wainailaihi Rojiun. Telah berpulang dengan tenang rekan dan sahabat kita, Wing Haryanto (64 tahun) di RS Persahabatan Rawamangun, Jakarta Timur, pada Selasa (26/9) pukul 12.15 WIB.

Almarhum yang dikenal sebagai founder klub otomotif Appeal Jakarta bersama AM Suseto meninggal karena menderita sakit kanker paru-paru yang telah dialaminya selama 2 tahun terakhir.

Almarhum yang selama berkiprah di jagat motorsport nasional banyak mengurusi masalah teknik, dinilai banyak berjasa demi kemajuan motorsport.

"Saya memiliki kesan mendalam terhadap almarhum. Dia adalah guru saya di bidang tunner. Karena beliau lah yang menyiapkan mobil maupun motor yang kami pakai perlombaan, dan saya banyak belajar dari dia," ujar Indrajit Sardjono kepada mobilinanews.

Sehari sebelum berpulang, Indrajit sempat datang ke rumah sakit ketika kondisi Mas Wing mulai kritis. "Saya membisikkan doa ke telinganya, dan saya sangat terharu ketika Mas Wing merespon dengan linangan air mata," ungkap Indradjit.

Indrajit yang merupakan junior almarhum di klub Appeal, kemudian banyak melibatkannya ketika menjadi pimpinan perlombaan reli, baik di level Kejurnas maupun World Rally Championship di Medan.

 "Saya sering minta mas Wing menjadi chief scrutineering atau chief marshall. Dan pekerjaannya selalu perfect dan memuaskan. Karena beliau memang memiliki passion di motorsport," tutur tokoh reli Indonesia itu.

Jasa almarhum lainnya adalah berhasil meloloskan homologasi mobil Timor untuk bisa ikut reli.

"Dengan itu, orang bisa ikut reli di bawah FIA dengan berbiaya murah menggunakan mobil Timor," lanjut Indrajit.

Kalau almarhum banyak bersinggungan dengan teknik karena adalah alumni jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila Jakarta.

Almarhum yang dikenal ramah dan supel itu, tidak memiliki anak hingga akhir hayatnya.

"Mas Wing telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk kemajuan motorsport di Indonesia," pungkas Indrajit.

Pada hari ini pula, pukul 17.00 WIB, almarhum dikebumikan di TPU Penggilingan, Jakarta Timur, dengan diiringi rekan-rekannya para pereli dan pebalap di antaranya AM Suseto, Indrajit Sardjono, Sigit Widiyanto, Steffi Bilianto dan Sidarto SA.

Selamat jalan mas Wing. Tidurlah tenang di alam sana. (budsan)

TERKINI
305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior