Ini Alasan Yamaha Belum Mau Pasarkan Motor Listrik

Rabu, 01/11/2017 15:56 WIB

motorinanews (Jakarta) - Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan ada beberapa pertimbangan kenapa sepeda motor listrik Yamaha belum dipasarkan untuk market Indonesia.

Adapun pertimbangan yang paling mendasar adalah faktor safety serta karakter konsumen dan kondisi lalu lintas di Indonesia."Kita nggak mau langsung jual karena banyak yang kita pertimbangkan. Yamaha tidak ingin ada produk lalu jual lalu dapat untung, tidak seperti itu. Kami juga melihat bagaimana safetynya. Contoh kecil di Indonesia ini sering banjir. Kalau motor bensin paling masalahnya hanya mogok, nah kalau motor listrik bisa kesetrum, ini menyangkut keselamatan," jelas Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Tak hanya itu, Dyonisius menambahkan karakter pengendara Indonesia cukup agresif. "Misalnya suka menyalip, manuver zig-zag, motor ini nggak ada suaranya, itu bahaya bisa menyebabkan accident. Karakter orang Indonesia berbeda dengan di Jepang dan Eropa," sambungnya.

Lebih lanjut, Yamaha juga mempertimbangkan keterbatasan jarak serta pengetahuan konsumen dalam merawat baterai.

Maka dari itu, Yamaha melakukan market trial dalam kurun waktu satu bulan ke depan. YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD, untuk melakukan uji coba motor listrik Yamaha yang akan digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

Yamaha sendiri mulai mengembangkan kendaraan listrik pada tahun 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System) ke negara-negara di Eropa dan Jepang. Penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut-turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini Yamaha mengklaim penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit. (adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!