Rifat Sungkar dan Chapter Baru Motorsport Indonesia

Sabtu, 11/11/2017 09:08 WIB

mobilinanews (Serpong) - Menyebut nama Rifat Sungkar, bukan lagi sekadar pereli terbaik Indonesia saat ini. Namun sudah lebih luas lagi sebagai penyelenggara event melalui bendera RFT Management.

Tak banyak yang tahu, ternyata RFT Management telah berkembang pesat dan makin menggurita. Bahkan putra Helmy Sungkar ini adalah juga Direktur Pertamax Motorsport, brand ambassador Mitsubishi dan Direktur Sprint dan Speed Rally IMI Pusat.

Berikut petikan wawancara dengan Rifat Sungkar.

Anda memiliki konsep bagus soal pembibitan pebalap melalui Pertamax Motorsport. Bisa diceritakan?

Ya, star itu harus diciptakan. Dan nggak bisa instant. Caranya bagaimana, dengan pembinaan berjenjang.

Nah, seperti Pertamina sendiri sebagai holdingnya Pertamax Motorsport adalah perusahaan pelumas nasional milik negara. Filosofinya, pelumas untuk meningkatkan speed atau kecepatan. Jadi sudah tepat banget kalau berpromosi di motorsport.

Ada kriteria khusus terhadap pebalap yang direkrut Pertamax Motorsport?

Anda lihat kan, pebalap kami ikutkan Kejurnas. Karena itu jenjang nasional yang resmi. Dan satu lagi, semua pebalap kami berusia muda, bahkan remaja. Karena obsesinya ingin melahirkan pebalap berprestasi nasional hingga internasional, untuk meneruskan estafet seperti saya yang sudah tidak muda lagi.

Selain itu, kami mengajari pebalap bisa public speaking. Harus bisa ngomong dengan media. Tidak susah mestinya karena ada roll modelnya yaitu gue kan. Dan juga tentang attitude.

Selain membina pebalap muda di beberapa cabang motorsport, Anda penyelenggara berbagai balap juga?

Iya, Pertamax Motorsport menurunkan pebalap di Kejurnas speed offroad, sprint rally, drifting, balap mobil hingga drag bike.

Tapi yang tidak banyak tahu, kami juga sebagai penyelenggara event drag bike, Kejurnas Sprint Rally hingga drifting. Dan penyelenggaranya adalah RFT Management.

RFT Management ini melanjutkan Trendypromo Mandira punya bokap atau konsep lain?

Nah, itulah konsepnya tentu ada yang dari Trendypromo yang melegenda itu. Namun sudah evolusi, dimodifikasi sesuai perkembangan zaman.  

Kalau papa dengan Trendypromo-nya kan maunya perfect. Kami tidak perlu itu karena costly (mahal). Tapi kami menjalankannya dengan konsep yang lebih kekinian tentunya.

RFT justru menggandeng partner sebagai investor, dari teman dan kenalan untuk bisa menjadi besar. Terutama di Rifat Drive Labs. Dan kami sudah melebarkan sayap dengan menggelar event Intersport dan Suryanation. Sudah 3 tahun loh, dan itu RFT yang bikin.

Tapi, itu kan melibatkan perusahaan rokok. Jadi gue gak perlu muncul. Karena di manajemen RFT kan banyak juga orang yang menangani.

Apa filosofi dari Helmy Sungkar (sang ayah) yang juga diterapkan di RFT Management?

Memberdayakan dan banyak membantu orang lain. Itu yang kami terapkan di tim. Berapa banyak pebalap kami rekrut, manajer tim, mekanik dan lain-lain. Itu mulia dan merupakan ibadah.

 Apa rencana besar RFT dan Pertamax Motorsport tahun depan?

Setelah berkiprah di speed offroad, sprint rally, drifting, balap mobil dan drag bike, kemungkinan tahun depan akan ikut di slalom dan motocross.

Nah, jadi banyak kan. Maka kami sudah menjadi sebuah chapter baru motorsport di Indonesia.

Jadi, RFT Management ini membawa 2 misi sekaligus : pembinaan dan penyelenggara event?

Ini pilihan, untuk melahirkan bibit-bibit baru di motorsport menggantikan generasi saya. Tidak hanya sampai nasional, kami ingin hingga juara dunia. Saya sudah mencapai itu, dan kini giliran generasi berikutnya bersama Pertamax Motorsport dan RFT Management. (budsan)

TERKINI
Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder!