Memuaskan, Latihan Sean Gelael Dengan Mobil F1 Torro Rosso di Abu Dhabi

Sabtu, 02/12/2017 13:53 WIB

mobilinanews - Pembalap Indonesia, Sean Gelael terus mengalami progress. Terutama saat kembali menjajal mobil F1 di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (29/11).

Boss tim F1, Toro Rosso, Franz Tost, tampak happy setelah mampu memenuhi target yang ditetapkan saat mencoba kendaraan STR 12.

Pebalap berusia 21 tahun ini pada latihan terakhir musim 2017 mampu mencetak  waktu terbaik 1 menit 41,428 detik. Sedangkan target yang ditetapkan adalah 1 menit 41,9 detik dengan ban hypersoft.

"Kami sudah cukup senang. Ternyata Sean mampu menorehkan waktu lebih cepat. Kerja yang bagus," kata Tost.

Pada latihan terakhir musim ini bersama Toro Rosso, putra mantan pereli Ricardo Gelael menjalani dua kali latihan.

Selain Sean, Toro Rosso juga menurunkan dua pebalap utamanya yaitu Pierre Gasly dan Brendon Hartley. Adapun obyek latihan terakhir ini adalah pengenalan karakter ban serta sasis mobil.

Bagi Sean, sesi latihan bersama Toro Rosso ini merupakan yang ketiga. Sebelumnya dia juga dilibatkan pada sesi latihan di Sirkuit Sakhir Bahrain dan Hongaria.

Selain itu juga diberi kesempatan turun pada sesi latihan bebas Formula 1 pada hari pertama (FP1) di Sirkut Marina Bay Singapura, Sepang (Malaysia), Austin (Amerika Serikat) dan Meksiko.

Khusus untuk sesi latihan di Yas Marina, Sean total melahap 117 putaran atau sekitar 649 kilometer. Sean mencoba enam jenis ban mulai dari hard, medium, soft, supersoft, ultrasoft, hingga hypersoft ban baru yang akan dipakai musim depan.

Tes dijalani Sean secara bertahap, yaitu tiap jenis ban masing-masing dites sebanyak 10 lap. Setelah itu sean masuk pit untuk memberi masukan kepada tim tentang performa ban.

Sebaliknya tim juga meminta Sean melakukan qualifying run dan race run untuk mengevaluasi compound ban.

"Secara keseluruhan tes berjalan dengan baik. Target tim untuk menjalani tes sebanyak 115-120 lap juga terpenuhi. Meskipun cukup melelahkan tetapi saya sangat antusias menjalani tes dan senang bisa memenuhi kebutuhan tim," kata pebalap penyuka musik hip hop itu.

Sesi latihan di Yas Marina juga diikuti tim lainnya. Pada sesi latihan itu, tim Ferarri menurunkan pebalap Kimi Raikkonen, sedangkan Mercedesmengandalkan Lewis Hamilton.

Sementara tim Red Bull mempercayakan kepada pebalap Australia Daniil Ricciardo.

Yang menarik dari semua tim yang ikut sesi latihan, hanya Franz Tost, Team Principal yang hadir. Ini menunjukkan komitmennya yang kuat sejak awal untuk membina Sean.

Franz Tost tak hanya memantau dari garasi tim, tetapi juga keliling sirkuit dan melihat dari tikungan tertentu. (budsan)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik