Tak Cukup Industri Otomotif, Astra International Mulai Serius di Bisnis Tol & Pelabuhan

Rabu, 06/12/2017 18:17 WIB

mobilinanews (Semarang) - Grup Astra Internasional memang dikenal sebagai grup perusahaan yang sangat mendominasi dalam industri otomotif. Lihat saja dibawah naungan payung Astra International terdapat beberapa pemain utama industri otomotif tanah air seperti Toyota Astra Motor, Astra Daihatsu, Astra Honda Motor, hingga Isuzu Astra Motor Indonesia. 

Namun tidak banyak yang tahu kalau Astra ternyata saat ini menjadi pemain kuat dalam bisnis jalan tol. "Image Astra ini memang lebih ke otomotif, tapi di grup Astra ternyata juga ada yang bergerak di tol dan pelabuhan. Karena astra concern kepada infrastruktur karena negara maju itu dinilai dari infrastruktur dan Astra ingin berkontribusi membangun infrastruktur di Indonesia," kata Rahmat Samulo, Direktur Bisnis dan Pengembangan Astra Infra di acara Workshop Jurnalis Industri 2017 yang digelar di The Wuji, Ungaran, Semarang, Rabu (6/12).

Rahmat Samulo yang juga sempat menjadi petinggi di Toyota Astra Motor (TAM) menambahkan awalnya di tahun 1992 lebih banyak bermain di bisnis telekomunikasi, namun di tahun 2002 Astra Infra memulai ekspansi ke bisnis jalan tol. 

Adapun jaringan tol Astra antara lain tol Tangerang - Merak (72,4 km), tol Semarang - Solo (72,6 km), tol Jombang - Mojokerto (40,5 km). Lalu, saat ini Astra Infra juga mengebut pembangunan tol Serpong - Balaraja dan tol Kunciran - Serpong. Tak hanya itu Astra Infra pun telah mengakuisisi Tol Cipali (cikopo - Palimanan) yang memiliki panjang 116 km.

"Saat ini semua tol kita ada di pulau jawa, dalam kota ada tol Kunciran - Serpong yang sedang dibangun. Total panjang tol yang kita kelola 352 km," lanjut Rahmat Samulo. 

Dalam waktu dekat, Astra Infra juga bersiap membangun pelabuhan Palimban di Subang. "Pelabuhan Patimban nantinya akan menjadi pelabuhan strategis yang akan digunakan untuk mendukung industri Astra lainnya. Karena itu Astra ingin terlibat di pelabuhan ini sebagai operator lewat konsorsium dengan BUMN dan perusahaan luar," paparnya. (adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!