Toyota: MPV Jadi Tulang Punggung, Segmen Komersial Meningkat Signifikan

Jum'at, 08/12/2017 14:04 WIB

mobilinanews (Semarang) - Segmen mobil MPV masih menjadi tulang punggung penjualan Toyota sepanjang tahun 2017 ini. Meski pasar otomotif mengalami dinamika yang cukup berat di tahun ini, line up MPV milik Toyota setidaknya menjadi penyelamat yang membuat volume penjualan Toyota tetap stabil. 

"Kita bersyukur pertumbuhan Toyota dan pertumbuhan pasar otomotif masih bisa terjaga walaupun tahun ini ada banyak tantangan-tantangan ya. Segmen MPV masih jadi andalan karena sepanjang tahun ini Toyota memang banyak meluncurkan mobil segmen ini," kata Rouli Sijabat, PR Manajer Toyota Astra Motor (TAM) di acara Workshop jurnalis industri yang berlangsung 6-7 Desember di Semarang, Jawa Tengah. 

Rouli menambahkan tak hanya segmen MPV, dari 29 varian mobil yang dijual Toyota, segmen komersial juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. "Kalau dilihat, yang jadi backbone segmen Toyota masih MPV. Tapi segmen komersial mengalami pertumbuhan. Segmen MPV tumbuh 9,4% dibanding tahun sebelumnya, komersial naik 14,5%. Sementara segmen selain dua ini mengalami koreksi," sambungnya. 

Lebih jauh ada beberapa faktor yang membuat segmen komersial mengalami peningkatan. "Pertumbuhan positif di komersial terjadi karena perbaikan di pasar komoditas, seperti batubara. Pick up Toyota jadi salah satu segmen yang terkena dampak dari pasar komoditas tersebut," beber Rouli.

"Pertumbuhan paling besar di Kalimantan tembus 27%, lalu di Sumatera 21,5%, Sulawesi 14%, dan Jakarta 11,7%," terang Rouli. (adr)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik