Cara Cepat Dapat Nuansa Tabung

Senin, 04/05/2015 16:16 WIB

Mobilinanews.com (Jakarta) - Karena posisinya yang berada dipaling akhir sebelum proses penguatan suara, maka peranti ini berperan besar sebagai penentu hasil akhir suara yang dihasilkan. Menginginkan sebuah nuansa tabung memang tidak “mudah”. Selain amplifier tabung juga berharga mahal, karakter tabung juga sebenarnya belum tentu cocok untuk karakter musik yang ingin kita dengarkan (tergantung selera).

Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan tabung dalam mobil juga kian berkembang. Salah satunya adalah preamp tabung. Selain harganya terbilang lebih ekonomis, preamp tabung oleh beberapa kalangan juga terhitung efektif memasukan nuansa tabung dalam sistem yang kita rancang.

Mix and match adalah konsep jitu yang diterapkan dalam penggunaan preamp tabung. Konsep seperti ini juga sering diterapkan oleh audiophiler home stereo, dimana konsep ini menggabungkan antara sistem cepat (mosfet) dan sistem lambat (tabung). Menempatkan sesuatu yang berbau “tabung” diharapkan mampu memberikan suara tabung pada car stereo sistem yang kita pasang.

Melalui preamp tabung, elektron-elektron yang terproses pada media hampa udara (vacuum) dengan pemanasan yang baik akan menghasilkan reproduksi suara yang relatif lebih baik terutama pada karakter mid dan high. Ini lantaran tabung mempunyai sifat yang sangat sensitif dalam memproduksi sinyal-sinyal halus.

Seperti halnya peranti elektronik dengan tabung sebagai jantungnya, peranti ini diibaratkan sebuah proyek mainan jangka panjang, diamana karakter suara yang dihasilkan bisa dirubah-rubah seiring dengan berubahnya setingan tabung yang kita pasang. Tabung pada preamp juga bisa diupgrade sedemikian rupa hingga mampu mengubah karakter suara yang dihasilkan.

Proses penggantiannya juga terbilang tidak sulit lantaran banyak dari produk-produk yang ada dipasaran sudah mengadopsi sistem auto bias yang menjadikan kita tidak usah menyeting voltase atau tegangan pada tabung baru yang terpasang.

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060