Mengenang Dadang "Gaktam" Taruna, Pereli Gesit Yang Andal Lalap SS Malam Hari

Rabu, 13/12/2017 02:14 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Inalillahi wainailaihi Rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah pereli senior Taruna Jaya alias Dadang Taruna alias Gagak Hitam (65 tahun) di Jakarta, Selasa (12/12) pukul 15.00 Wib.

"Saya baru saja sampai di tempat beliau, ternyata di sekujur badannya sudah kaku, gak bisa digerakin. Badan pada dingin semua, nadinya pun sudah tidak berdenyut lagi," ujar Deddy Madradi, karibnya dari komunitas pereli tiga zaman.

Saat itu, Deddy bersama istri mendatangi kosan almarhum di jalan Kirai, Cipete, Jakarta Selatan dengan membawa makanan, obat serta bermaksud membawa Gaktam ke dokter. 

Malam sebelumnya,sekira jam 7, Deddy ditelpon seseorang yang mengabarkan kalau Gaktam mengalami pingsan saat makan bakmi Jogja di kawasan Melawai.

"Saya memang sudah dekat seperti saudara dengan almarhum. Maka sebelum pingsan, mungkin dia minta kepada yang ada di situ untuk hubungi saya," ungkap Deddy yang tinggal di bilangan Jalan Thamrin Jakpus.

Mendapati Gaktam terbujur kaku dan tidak bernafas lagi, segera ia melaporkan kepada Ketua RT terkait, sampaikan kabar melalui group WA Pereli 3 zaman serta memanggil dokter.

"Menurut dokter yang memeriksanya, Gaktam meninggal antara jam 1 - 2 siang. Mungkin kalau saya nggak kena macet hampir 3 jam di jalan, saya masih bisa ketemu Gaktam dalam keadaan hidup," sesal Deddy.

Sementara itu Rio Sarwono menyebut Gaktam sebagai pereli yang gesit dan jago melalap Special Stage (SS) malam hari.

"Saat itu, reli juga dilangsungkan pada malam hari. Tahun 80an, saya sempat  tiga kali menjadi navigator almarhum. Dia juara tiga dengan menggeber mobil Mazda, sedang juara 1 dan 2 perelinya memakai Mitsubishi yang merupakan tim elit," tutur Rio.

Nah, julukan Gaktam (Gagak Hitam) itu kabarnya juga terkait kegesitannya dalam membawa mobil, paham ngoprek mobil dan mampu menaklukkan SS malam dengan sangat baik.

Kini salah satu pereli legendaris Indonesia itu telah berpulang dengan tenang. Almarhum akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jaksel, Rabu (13/12) pukul 10.00 WIB.

Selamat jalan bang Gaktam...(budsan)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo