Begini Perbedaan Mendasar Aspal Sirkuit dengan Aspal Jalanan

Kamis, 14/12/2017 17:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Banyak terdapat perbedaan antara aspal jalan raya dengan aspal sirkuit. Mulai dari surface, komposisi, hingga kemiringan yang harus diperhitungkan. 

Namun tahukah anda ada perbedaan karakter mendasar antara aspal jalan raya dengan aspal di lintasan sirkuit. "Idealnya, aspal jalanan itu kan beban nya lebih vertikal ya, sedangkan Shell Cariphalte race track yang dipakai di beberpa sirkuit itu karakter bebannya beda," jelas Yandi Nurkamal, Technical Manager Shell Bitumen saat ditemui di ballroom The Ayana, Mid Plaza, Jakarta, Kamis (14/12). 

"Bayangkan aja, mobil dengan akselerasi dari nol sampai 300 km/jam dalam jarak pendek atau sebaliknya saat dia ngeremdari kecepatan 300km/jam ke 40 km/jam misalnya, jadi kita harus memastikan aspal itu punya adhesi dan kohesi yang baik saat dia akselerasi atau sebaliknya," lanjut Yandi. 

Meski demikian, saat ini tidak menutup kemungkinan jalanan kota pun seringkali disulap menjadi arena sirkuit seperti sirkuit jalan raya Marina Bay Singapura. 

"Ada beberapa perhitungan untuk itu, selain aspalnya dinilai layak biasanya jalan raya yang dijadikan sirkuit juga penggunaannya biasanya lebih banyak dilewati mobil-mobil city car dan bukan kendaraan berat," papar Yandi. 

Sementara itu, Shell Cariphalte sendiri sudah dipakai di beberapa lintasan sirkuit populer di dunia. Seperti Sirkuit F1 Sepang (Malaysia), Sirkuit Sakhir (Bahrain), Marina Bay, Hockenheim (Jerman), dan Yas Marina (Abu Dhabi). (adr)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan