Johann Zarco Finish Lebih Baik Dari Rossi Justru Poncharal Tak Nyaman, Ini Alasannya

Minggu, 17/12/2017 10:04 WIB

mobilinanews (Prancis) - Sukses tim satelit Yamaha Tech3 meraih trofi juara tim independen 2017 tentu membanggakan. Terlebih buat Johann Zarco yang mengakhiri musim di grup 6 Besar.

Tapi, bagi pemilik tim, Herve Poncharal, hal itu justru mendatangkan beban tersendiri. Merasa tak enak dengan tim pabrikan karena faktanya Zarco 6 kali meraih hasil finish lebih baik dari Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Padahal.mereka pakai M1 spek 2017 sementara besutan Zarco spek 2016.  Setiap kali Zarco menekuk anak pabrikan, kata Poncharal, bukan ucapan selamat yang mereka terima tapi muka-muka asam para petinggi Yamaha.

"Motor kami lansiran lama dengan 2 pembalap ruki yang sebenarnya sedang belajar, sementara mereka hadir dengan kekuatan meraih gelar dunia," kata Poncharal yang merasa ada sesuatu yang salah pada M1 2017 tapi tak tahu persisnya.

Ia akui sukses timnya kadang mebuatnya gamang bersosialisasi dengan para insinyur Yamaha. 

"Sebagai tim satelit, tugas kami seharusnya menyokong tim pabrikan. Memberi data yang menunjang target mereka di kejuaraan dunia. Saya paham betul itu karena sudah 20 tahun bersama Yamaha. Bahwa kini kami juara tim independen, tak lain karena kami punya pembalap, tim dan motor yang hebat," imbuhnya.

Dan, tahun depan ia sama sekali belum tahu besutan mana yang diberikan Yamah buat timnya.

Sepertinya tak mungkin spek 2017 yang sudah jelas produk gagal.

Apakah mungkin pakai spek 2018  dengan resiko akan kembali mempermalukan anak pabrikan? (andro)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan