Menebak Banderol Wuling Cortez

Selasa, 19/12/2017 00:20 WIB

mobilinanews (Sentul) - Undangannya  tentang Years and Gathering Wuling Motors di Lorin Hotel Sentul, Bogor, Senin siang (18/12). 

Namun kenyataannya, Wuling Motors menyiapkan sebuah kejutan dengan setelah sesi tanya jawab dengan manajemen Wuling, wartawan diajak ke sirkuit Sentul International yang jaraknya tidak sampai 1 km.

Di pit lane sirkuit international itu, sudah ada 8 unit mobil Wuling Cortez yang siap diajak mengelilingi sirkuit untuk first impression kepada seluruh jurnalis yang hadir.

Nah, surprise yang benar-benar mengejutkan. Inilah MVP (Multi Vehicle Purpose) kedua dari Wuling Motors setelah melepas Wuling Confero pada 10 Agustus 2017 yang dilabeli sebagai Low MPV.

Dibanding Confero, Cortez memang diproyeksikan sebagai sang kakak. Itu ditunjukkan dengan kapasitas mesinnya yang 1.800 cc (Confero 1500 cc).

Fiturnya? Komplit dan selangit. Lihat saja MPV yang akan dilaunching pada kuartal pertama 2018 ini, dilengkapi seabreg fasilitas yang kalau disebutkan secara detil mengalahkan Mitsubishi Xpander dan boleh dikatakan equal dengan Kijang Innova.

Cortez dipersenjatai mesin bensin 1.798 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i berdaya 129hp di 5.600 rpm serta 174 Nm di 3.600-4.600 rpm plus transmisi otomatis AMT.

Fitur kenyamanan plus keamanannya antara lain  Electric Power Steering; Sunroof; Electric Seat Adjuster di dua kursi depan; USB Charging Port di baris pertama hingga ketiga; Steering Wheel with Audio Control and Answering Call Button; sistem hiburan bersenjatakan layar sentuh 8 inchi; Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Masih ada Electric Parking Brake; Automatic Vehicle Holding; Anti-lock Braking System; Electronic Brake-force Distribution; Brake Assist; Hill Hold Control; Electronic Stability Control; Traction Control System; Immobilizer; Dual SRS Airbag dan Side Parking; Rear Parking Camera; dua sensor parkir di depan serta empat sensor parkir belakang; ISOFIX.

Nah, dengan fasilitas melimpah tersebut diprediksi Cortez memang akan head on dengan Xpander varian Ultimate yang paling tinggi serta paling banyak diminati dan Kijang Innova.

Lalu, berapa kira-kira banderol yang akan ditempelkan pada Cortez agar memiliki 'nilai lebih' seperti halnya Confero?

Jika mengacu pada banderol Avanza Veloz diarrange Rp 215 jt - Rp 238,8 jt, Mitsubishi Xpander Ultimate Rp 245,35 jt dan Kijang Innova antara Rp 298,7 jt - Rp 453, 8 jt, maka diprediksi Cortez akan bermain di banderol Rp 215 jt - Rp 250 jt (akan ada beberapa varian).

Dengan arrange harga tersebut, Cortez dimaui bisa menggerogoti ceruk pasar Xpander dan menghambat laju Kijang Innova. Dan, Cortez tampaknya akan leluasa bermain sendirian di segmen ini. 

Kita tunggu saja. (budi santen)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060