Ini Dia Penebar Virus Speed Offroad di Indonesia

Sabtu, 23/12/2017 15:58 WIB

mobilinanews (Banjarmasin) - Albertus Hariono dipercaya sebagai Wakil Ketua IMI Pusat Bidang Olahraga Mobil, motorsport berkembang pesat. Ia kini menjadi sosok menonjol di blantika motorsport Indonesia, utamanya roda empat

Tapi, pria yang karib disapa Mas Hari ini ternyata juga seorang offroader. Prestasi terbaiknya adalah peringkat keempat kelas Free For All Kejurnas Speed Offroad di sirkuit Paramount Land, Gading Serpong, Tangerang, 2017. 

Lalu, bagaimana ceritanya Kera Ngalam (Arek Malang) ini bisa kecemplung di dunia offroad?

“Aku dari dulu memang suka offroad. Tapi, waktu itu gak ada mobilnya. Jadi, cuma suka nonton. Sampai kemudian Haji Sam minta dibuatkan mobil offroad. Dari situ kita sering bareng ikut adventure,  sekitar 2005,” ujar Hari membuka perbincangan.

Kemudian ia membangun mobil Suzuki Caribian. Main di event lokal sampai nasional. “Jhonlin Baratama Offroad Team namanya, menempati peringkat 2 nasional pada 2008,” tuturnya.

Sempat vacum karena sibuk dengan pekerjaan, pada 2010 ia menemukan mainan baru: mobil UTV. “Waktu itu, Haji Sam beli dari USA dan mulai kita coba untuk dimainkan di sini. Ternyata seru dan banyak peminatnya. Lahirlah Indonesia UTV Club pada 2011. Dan, berkembang sampai hari ini,” lanjutnya. 

Tak sampai di situ, Hari juga masih menyimpan obsesi bisa menggelar offroad racing yang masih senafas dengan balapan speed offroad dan UTV. Dan, itu diproyeksikan bisa terlaksana tahun depan.

“Tahun depan direncanakan buat dua seri. Ingin membuat nafaskompetisinya seperti Lucas Oil Off Racing Amerika Serikat. Ya, balapannya beda banget dengan di Indonesia dan entertainment-nya luar biasa. Itu obsesiku,” ujarnya bersemangat.

Padahal, seperti diakui,  pria 41 tahun ini tidak memiliki target prestasi untuk diri sendiri di lintasan. “Waktu itu targetnya hanya meramaikan dunia otomotif,  terutama offroad. Dan, bisa dibilang tercapai,” ungkapnya.  

Berangkat dari kancah adventure offroad, ia akui punya kesulitan tersendiri saat main di arena speed off road.

“Saya ya nggak ngerti bagaimana balapan.Juga nggak paham bahasa navigator yang terlalu profesional. Jadi, aku cari navigator yang sehati dan sebahasa sama aku. Makanya  aku pilih Tunggul Birawa yang passion banget di offroad,” terang Hari.

Diakuinya ikut offroad sebenarnya hanya menyalurkan hobi. Kalau ada yang bilang ini olahraga mahal dan beresiko, menurutnya itu relatif. “Mancing juga mahal dan bahaya. Semua hobi pasti ada biaya dan resiko.”

Disinggung kedekatannya dengan Haji Sam, pria ramah ini menyebutnya kenal dekat sebagai teman.

“Terus dikasih kesempatan bekerja di lingkungan Jhonlin Group. Aku bekerja di perdagangan umum dan perkebunan,”  pungkasnya. (budsan)

HARIONO  & DATA
Nama : Albertus Hariono
Tempat/ tanggal lahir : Malang, 22 Maret 1976
Istri : Fransisca Simeonita 
Anak : Felicia Ivana hariono, Fidelia Ivana Hariono, Frederico Evandro Hariono
Pekerjaan : Direksi PT Sinar Bintang Mulia
Jabatan Organisasi : Waketum IMI Pusat Bidang Olahraga Mobil
Navigator : Tunggul Birawa
Domisili : Banjarmasin, Kalsel

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!