Keanon Santoso Terus Menanjak Prestasinya, Tahun Depan Turun di Asian Formula Renault

Senin, 25/12/2017 22:39 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dari sederet pembalap muda berbakat tanah air. Salah satu stok yang tengah bersinar adalah Keanon Santoso. Jawara gokart asal TKM Racing ini karirnya terus menanjak sejak tiga tahun terakhir. 

Usai meraih titel juara nasional gokart di kelas senior pada tahun 2016 lalu, Keanon pun naik kelas ke balapan single seater Formula 4 Southeast Asia.

Prestasi dan paras tampan putra kedua dari pasangan Yongliek Santoso dan Menik Susanti ini pun mulai dilirik beberapa program Televisi nasional. 

Seiring dengan melambungnya pamor Keanon Santoso sebagai pembalap muda yang digandrungi kaum hawa, agenda balap Keanon Santoso justru semakin padat di tahun 2017.

Selain tampil di kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia 2017, Keanon juga tampil di Asia Rok Cup 2017 serta Formula 4 SEA. Belum cukup sampai disitu, pemuda kelahiran 19 Juni 2000 ini juga mulai menjajal persaingan di balapan touring Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017. 

"Tahun ini masih banyak seri kejuaraan yang harus saya ikuti. Bagi saya semuanya prioritas dan saya akan berusaha untuk memberikan hasil terbaik di semua cabang balapan," kata Keanon yang belum lama ini baru pulang dari World Final Rok Cup International yang berlangsung di South Garda, Lonato, Italia. 

Sementara untuk kejuaraan ISSOM, tahun 2017 merupakan tahun pertama bagi Keanon. Uniknya ia lebih dulu mencicipi sirkuit Sentul saat tampil di Formula 4, sebelum menggeber Honda Jazz di kelas Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) ketegori master dan kelas Japan Super Touring Championship (JSTC). 

“Tahun 2017 ini tahun pertama saya ikut series di ISSOM. Di ISSOM ini lebih mudah dapat sponsor jadi ibaratnya kalau bisa balapan gratis kenapa tidak. Di kelas Jazz master ini lawan-lawannya cukup berat karena mereka punya pengalaman seperti Rio SB dan Fitra Eri tapi tentu saya juga ingin meraih hasil terbaik,” beber Keanon. 

Bagi Keanon tampil di beberapa cabang balapan memberikan banyak keuntungan. Karena ada banyak ilmu dan pengalaman baru yang dapat ia ambil khususnya untuk bekal tampil di ajang Single Seater seperti balapan Formula. 

Memasuki akhir tahun 2017, ditengah kesibukannya yang padat, Keanon sendiri masih menyempatkan diri untuk berpartisipasi meramaikan kejuaraan gokart bertajuk Go Batam Fun Race yang berlangsung di Marina Circuit, Sei Temiang Waterfront City Batam Island, Kepulauan Riau. 

Hasilnya pun sesuai prediksi, Keanon Santoso berhasil menyabet podium pertama di kelas senior open, GP Open, dan Kelas Free For All.

Tahun 2018, selain tetap mengikuti perlombaan gokart, Keanon dipastikan bertarung di ajang Asian Formula Renault di Cina dan Malaysia. Keanon akan memperkuat tim ART yang bermarkas di sirkuit Zhuhai, Cina.

Keanon mendapat sponsor dari Taiwan untuk kesertaannya di Asia Formula Renault yang setara dengan F3 ini. (adri, budsan)

Keanon dan Data 
Nama Lengkap: Teofilos Keanon Yoesmi Santoso
Panggilan: Keanon
Tempat tgl lahir: Jakarta, 19 Juni 2000
Zodiak: Gemini
Nama Orang Tua: Yongliek Santoso dan Menik Susanti
Nama Saudara kandung: 
- Lupita Kezia Yoesmi Santoso
- Melkior Kealton Yoesmi Santoso
Hobby (selain balap): Belajar
Sekolah: Sevilla Global Scholl
Motto Hidup: Raih Cita-cita setinggi mungkin
Cita-cita: Pembalap F1
Makanan favorit: Mie Instan
Prestasi balap:
-2011 Asian Karting Open Championship - Mini Rok
-2012 Asian Overall Championship
-2012 Rok Cup International Grand Final
-2015 Rotax Max International Grand Final
-2015 Indonesia Overall Champion (Junior)
-2016 Indonesia Overall Champion (Senior)
-2017 Runner up Asia Rok Cup 
-2017 Rok Cup International Grand Final

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan