Andi Baihaki Ternyata Pernah Jadi Navigator Sang Adik

Sabtu, 06/01/2018 14:05 WIB

mobilinananews (Jakarta) -  Balap speed offroad Tanah Air memang memukau dan makin bergemuruh. Tidak heran bila ajang ini selalu menyertakan offroader baru dalam setiap serinya.

Banyak offroader pemula yang kepincut beradu cepat di atas lintasan tanah ini. Dan, kesemarakan itu pula yang kemudian melahirkan kebanggaan bagi offroader asal Kalimantan Selatan, Andi Baihaki, dengan sejumlah prestasi.
 
Menarik menyimak kiprah awal pria kalem, pendiam, dan punya raut innocent ini. Di awal ia bertindak hanya sebagai navigator di dalam mobil tubular.

Namun, rasa penasaran yang besar serta hasrat kuat membejek mobil tubular akhirnya menggiring Baihaki memberanikan diri menjadi driver yang memegang penuh kendali mobil siluman tersebut.
 
Sebelum menginjakkan kaki di ajang speed offroad, anak pertama pasangan Haji Johansyah dan Hj.    Misnawati ini terlebih dahulu berkecimpung di ajang Adventure Offroad.

Tepatnya di 2009, ia mulai berkenalan dengan dunia balap yang terkenal ekstrem tersebut. Barulah pada 2012, ia mulai melakoni balap speed offroad.
 
Hijrah dari Adventure Offroad ke Speed Offroad, kekasih Alinka Hardiati ini hanya menjadi navigator untuk Jhoni dan Doni, sang adik.

Lama menjadi navigator, perasaan gatal untuk membejek gas mobil tubular pun acap menggoda,.
 
“Akhirnya kesampaian jadi driver. Saya dikasih mobil dan disuruh ngegas juga,” kenang Baihaki.
 
Peralihan dari adventure ke speed dirasakan Baihaki dengan adrenalin berbeda. Offroader yang doyan banget dengan nasi goreng ini menyebut ada perbedaan besar di balik kemudi mobil tubular.

“Rasanya luar biasa, paduan mesin yang powerfull dengan body dan sektor kaki-kaki yang oke membuat saya merasa puas banget saat ngebejek mobil.” 

Pengalaman ikut pertarungan speed offroad sejak 2012 membuat kekasih Alinka Hardianti ini menuai banyak prestasi. Semakin banyak offroader yang menggunakan kendaraan tubular menjadikan kompetisi semakin menarik dan alot.  Semangat Baihaki pun makin menyala. 

“Dari sisi kompetisinya sih menurut saya seru banget.Soalnya, walaupun saya kalah di mesin tapi itu merupakan kebanggaan bisa bersaing dengan offroader yang menggunakan mesin-mesin V8. Di samping itu banyak juga peserta baru yang ikut lalu ganti mobil dan mesin sehingga menambah seru persaingannya,” imbuhnya.
 
Ia menilai dominasi kendaraan tubular di ajang speed offroad sebagai sesuatu yang positif. Itu demi perkembangan speed offroad Tanah Air agar tidak ketinggalan dengan balapan di luar negeri.

“Selain kompetitif, ini juga berkaitan dengan perkembangan teknologi. Jadinya enggak kalah dengan teknologi balapan di luar negeri," tutur Anang,  saaam
 
Prestasi yang ditorehkan punggawa BJM-Citra Group Racing Team (CGRT) ini juga berkat dukungan yang diberikan orangtua dan kekasihnya. Juga didukung paman dan sepupunya yang turut balapan bersamanya.

“Kalau keluarga ya pasti dukung banget. Paman dan sepupu-sepupu saya juga pada balap semua. Kalo Alinka mah dukung-dukung aja. Apalagi ia juga ikutan balap,” kekeh keponakan (???) ini. 
 
Kendati demikian, pria yang mengenyam jenjang kuliah di Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya ini mengakui kalau ibundanya masih acap khawatir dengan karirnya sebagai offroader.

Dan, sebagai seorang pria yang kerap mengambil resiko untuk kesenangannya, ia buktikan kecemasan ibunda itu menjadi prestasi. Prestasi yang ia raih berkat konsistensi penampilan di lintasan. (m.yusuf, budsan)
 
BAIHAKI DAN DATA
Nama                    : Andi Baihaki
TTL                         : Mentewe 11-11-1996
Hobi                       : Makan nasi goreng
Anak                      : Pertama dari 3 bersaudara
Kuliah                    : Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya
Prestasi                : Juara 1 kelas G5.2 seri 1,4,5 
                                  Juara 2 kelas G5.2 seri 3
                                  Juara 3 Best Overall seri 1 dan            seri 4 2017
 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!