Erwin Mancha, Dari Karyawan Malah Ditawari Kepemilikan BEST Parking

Rabu, 17/01/2018 08:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jika Anda parkir di sebuah mall atau perkantoran di Jabodetabek, dan mendapati operatornya dengan nama BEST Parking, tak salah lagi itu milik pembalap serbabisa, Erwin Mancha.

Dia menjabat sebagai Chairman, President sekaligus CEO PT. Dinamika Mitra Pratama, perusahaan jasa pelayanan parkir mobil yang sekarang terus berkembang hingga mendekati 75 lokasi.

"Padahal, dulu saya hanya karyawan biasa di BEST Parking. Namun ketika saya bersama beberapa anak buah saya memilih mengundurkan diri, pemiliknya malah menawarkan kepemilikan perusahaan itu kepada saya," ujar Erwin kepada mobilinanews. 

Saat itu, tutur Erwin, dia keluar kerjaan itu karena ingin mendirikan perusahaan serupa. Tapi entah kenapa owner perusahaan memilih menjualnya kepada Erwin.

"Jadi belakangan ketahuan, rupanya sepeninggalan saya para karyawannya memilih ikutan saya. Dan menurut sang owner, memang tidak ada operator dan manajer yang bisa menggantikan saya. Harga cocok ya saya setuju saja," tutur Erwin tentang awal mula terjun di bisnis jasa pelayanan parkir ini beberapa tahun lalu.

Menurut mantan crosser, pegokart, pembalap motor dan pereli senior ini bisnis perparkiran kondisinya terbalik dengan awal-awal dulu. Kalau dulu persentase pembagian keuntungan bisa 70 : 30 untuk penyedia jasa, kini justru sebaliknya.

"Karena telah dirusak oleh pecahnya para pemilik perusahaan besar per Parkiran , yang tujuannya tidak hanya sekadar profit melainkan gengsi. Mereka merasa prestise kalau bisa memegang mall atau perkantoran besar dan ternama," ungkap Erwin.

Akibatnya, berdampak juga ke perusahaan BEST Parking yang dikelolanya, margin keuntungan menjadi lebih kecil, namun tetap optimis bisa terus berkembang.

 "Persaingan yang ketat dan keras ini juga memicu kreatifitas dan inovasi perusahaan jasa perparkiran, dengan menawarkan berbagai terobosan," cerita kakak kandung pereli Rino Oestara ini.

Tak mau ketinggalan gerbong, Erwin pun bermain di jasa pelayanan premium yang sekarang marak di mall-mall dan perkantoran di jantung ibukota Jakarta.

"Misalnya, jasa perparkiran premium yang bisa dipesan melalui aplikasi. Sehingga si pemesan dijamin akan mendapatkan space parkir mobilnya dan di lokasi yang diinginkan tak jauh dari acaranya," sebut pria yang tiap hari berkantor di bilangan Fatmawati, Jaksel itu.

Toh, Erwin selalu butuh refreshing untuk membuatnya selalu semangat dan tetap awet muda.

"Ya ngegas di ajang sprint rally di akhir pekan atau sekedar bermain golf untuk mengasah konsentrasi, kesabaran dan ketenangan. Pokoknya yang berbau speed selalu menantang adrenalinku," ujar juara nasional sprint rally dan speed rally kelas Retro 2017 ini. (budsan)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman