GP2 Catalunya : Rio Menduduki Posisi Kedua Klasemen Sementara

Minggu, 10/05/2015 21:49 WIB

mobilinanews.com (Barcelona) - Rio Haryanto finis keenamsprint race GP2 Spanyol di sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (10/5). Sebelumnya, Sabtu (9/5), pebalap asal Solo yang memperkuat tim Campos Racing itu finish ke-4 Feature Race.

 Meski gagal meraih podium, pebalap 22 tahun ini menduduki peringkat kedua klasemen sementara pebalap. Dengan tambahan 4 poin di sprint race ini, Rio mendapatkan total 16 poin dari balapan GP2 Spanyol. Total mengumpulkan nilai 49, tertinggal 37 poin dari  Vandoorne yang memuncaki klasemen.  Dan unggul tiga poin atas Rossi di urutan ketiga.

 Rio mengawali sprint race dari urutan kelima. Sesaat sebelum start, rekan setim Rio di Campos Racing, Arthur Pic, salah menempati grid dan formation lap terpaksa harus diulang.

Ketika balapan dimulai, Rio turun dua peringkat di tikungan pertama. Setelah virtual safety car diberlakukan --menyusul insiden yang melibatkan Rene Binder dan Andre Negrao-- Rio menemukan dirinya bersaing dengan Alexander Rossi.

Rio dan Rossi sempat bergantian salip menyalip, sampai kemudian Rossi --yang berada di depan Rio-- melewati Norman Nato. Sial buat Rio, Nato menghambat lajunya. Pada akhirnya, Rio sukses melewati Nato dengan menggunakan DRS.

Rio lalu bersaing dengan Artem Markelov yang berada di belakangnya. Di sini tingkat degradasi ban menjadi penentu. Roda Rio sempat terkunci saat pengereman dan membuat usia ban lebih pendek.

Putra mantan pebalap serbabisa Sinyo Haryanto ini kalah bersaing dengan Markelov yang finis di kelima. Sementara, Rio harus puas finish urutan keenam dengan  waktu 41:44,081 detik.

Balapan kali ini dimenangi Alex Lynn, diikuti Stoffel Vandoorne dan Pierre Gasly di urutan kedua dan ketiga.

"Saya tidak mendapat start yang baik dan turun dari posisi lima ke tujuh. Saya kemudian coba mengejar ke depan dan sempat naik kembali ke posisi lima," ujar Rio melalui siaran persnya kepada mobilinanews.

Seri berikutnya digelar di Monaco pada 21-23 Mei.  Rio, yang mengaku puas dengan hasil di Spanyol menyebut timnya masih perlu bekerja keras di sesi kualifikasi balapan berikutnya.

"Saya merasa performa hari ini kurang bagus tapi alhamdulilah masih bisa mendapat poin. Kami tetap perlu bekerja keras pada balapan pada event berikutnya," kata Rio.

Keyword : gp2-2015gp2-series

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas