F1 2018: Grid Girls Dihapus, Bagaimana Dengan Cheerleaders?

Minggu, 04/02/2018 21:38 WIB

mobilinanews (Inggris) - Pro dan kontra merebak usai Liberty Media memutuskan tak lagi ada grid maupun umbrella girls di lintasan F1.

Media Inggris, BBC bikin jajak pendapat dan 60% respondennya sebut sebaiknya mereka bertahan di F1.

Uniknya, para penentang keberadaan wanita-wanita ayu itu justru datang dari para perempuan yang aktif di F1.

Team Principal Tim Williams, Claire William, misalnya, sepenuhnya mendukung kebijakan penghapusan itu.

Begitu pula Susie Wolf, wanita terakhir dari 5 saja wanita yang pernah jadi pembalap F1.

Kata mereka, sudah selayaknya manajemen F1 menghapus tradisi kuno itu dan masuk era baru yang sepenuhnya membangun citra baru F1.

Ucapan mereka ditanggapi miring para gadis yang selama ini merasa nyaman menjadi grid atau umbrella girl. Di ajang medsos, semakin banyak curhatan mereka.

Dari kubu pria, pernyataan sebaliknya datang dari dua legenda hidup F1, Niki Lauda dan Sir Jackie Stewart. 

Keduamantan jagoan F1 itu bilang di zaman old tak ada masalah dengan grid girl, dan seharusnya juga tidak dipermaslahkan oleh generasi now.

"Kalau alasannya mengumbar sexualitas wanita dan hanya jadi pelengkap, harusnya cheerleaders juga ditiadakan," ketus Lauda dari rumahnya di Austria.
"Mereka toh tidak pakai bikini," ketus Stewart. 

Dan, jika kesempatan wanita yang terbatas jadi pembalap F1 menjadi alasan, lanjutnya, itu terlalu berlebihan karena suatu hal yang memang tak bisa dibangun.

Faktanya, hanya segelintir anak perempuan yang menggeluti olahraga gokart yang umumnya jadi awal langkah menuju F1. Dari ratusan ribu pegokart, hanya 20 orang saja yang punya kesempatan di F1.

"Apakah harus bikin peraturan 10 pembalap wanita dan 10 pembalap prua? Itukah yang disebut adil dan kesetaraan?" tanya Stewart, yang mendapat gelar Sir karena prestasinya di F1.

Lantas, bagaimana Sir bisa membatalkan keputusan itu? (andro)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo