MotoGP 2018 : Ironis, Teknologi Italia Justru Lemahkan Rossi

Minggu, 18/02/2018 15:41 WIB

mobilinanews (Thailand) - Valentino "The Doctor" Rossi kembali dipusingkan penyakit lama M1. Kinerja roda belakang yang tak memungkinkannya cetak lap time ideal.

Ya, penyakit kronis itu belum mampu disembuhkan Yamaha hingga tes pra musim di Buriram, Thailand.

Dengan gamblang ia menyebut standarisasi ECU (Electronic Control Unit) yang diberlakukan sejak musim 2016 menjadi penyebab sakit kronis itu.

Pasalnya, peranti.vital yang mengontrol dan menyeting 26 bagian pada motor itu (terutama kinerja rem, roda, suspensi, torsi, akselerasi dan sebagainya) dipasok oleh Magneti Marelli yang notabene buatan negeri Rossi sendiri, Italia. 

"Sejak ECU diseragamkan, kami kesulitan. Sampai sekarang belum bisa dapatkan solusi. Saya jadi pesimistis mengawali kompetisi tahun ini," sebut Rossi dan bisa dibayangkan mukanya rada memelas karena dikepruk terus oleh para pembalap muda.

Ada yang bilang itu hanya alasan saja karena Rossi sesungguhnya sudah "kemakan" umur (39 tahun).

Tapi, uraian Silvano Galbusera, bisa jadi pembenaran. Kepala Mekanik tim Rossi yang juga Italiano itu bersaksi kalau ECU made in Magneti Marelli memang sumber kelemahan M1 dalam dua tahun terakhir. Sampai saat ini Yamaha belum bisa membereskannya.

"Beda dengan Honda dan Ducati. Kala standarisasi itu diberlakukan, mereka sudah menarik mekanik khusus Magnetti Marelli," kata Pak Galbu.

Karena mekanik "bajakan" itu jugalah Honda dan Ducati meraih banyak keuntungan pada musim 2017.

"Mereka dapatkan keuntungan dari situ. Sementara kami sendiri belum bisa mengidentifikasi problem intinya," imbuh Rossi yang sebut pensiun atau tidak akan bergantung pada hasil balapan di beberapa seri awal 2018.

Dan, memang bahaya jika Yamaha tak segera bisa menolongnya bangkit ke level atas. Berjuta "umat" MotoGP terancam kehilangan The Doctor. (andro)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060