MotoGP 2018 : Tech3 Pisah Dengan Yamaha, Tim Rossi Penggantinya?

Jum'at, 23/02/2018 14:22 WIB

mobilinanews (Prancis) - Tim satelit Yamaha, Monster Yamaha Tech 3, akan meninggalkan brand Yamaha pada akhir musim 2018. Mengakhiri kerjasama solid mereka sejak 2001.

Pemilik tim asal Prancis itu, Herve Poncharal, akui dapat tawaran menarik untuk musim 2019 yang menurutnya sulit ditolak.

Ia tak sebut tawaran dari mana, namun kuat dugaan datang dari pabrikan Austria, KTM, yang berikan motor spek pabrikan buat pembalap Tech3.

Selama gabung dengan Yamaha, Tech3 selalu mendapat motor bekas anak pabrikan.

Beda dengan Honda dan Ducati yang memberikan satu unit motor kepada tim satelit dengan spek sama dengan rider pabrikan lewat Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Danilo Petrucci (Pramac Ducati).

"Tech3 ini perusahaan kecil. Kami harus selalu pikirkan masa depan dengan opsi yang berbeda. Sekarang ada tawaran yang sudah lama kami tunggu dan tak mungkin saya tolak," ucap Poncharal yang berharap Yamaha akan segera dapat pengganti tim satelitnya.

Kouichi Tsuji, GM Yamaha Motorsports, menghargai keputusan Tech3 dan berjanji tetap beri dukungan penuh untuk 2018. 

"Sementara itu kami akan siapkan opsi untuk tim satelit buat 2019 dan seterusnya,"  kata Tsuji tanpa merinci alternatifnya.

Tapi, rumor kencang sudah beredar, bahwa tim VR46 milik Valentino Rossi tengah disiapkan menjadi tim satelit Yamaha berikutnya.

Opsi itu sangat terbuka mengingat eratnya hubungan The Doctor dengan Yamaha, termasuk dalam pengembangan VR46 Academy yang dikelola Rossi untuk pembinaan pembalap muda. (andro)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan