Doni Tata Lebih Takut Berkendara di Jalan Raya Ketimbang di Sirkuit

Jum'at, 23/02/2018 16:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pembalap Indonesia yang pernah tampil di ajang MotoGP Doni Tata Pradita turut ambil bagian dalam pelatihan safety riding yang digelar Pertamina, Kamis (22/2).

Acara ini dibagi dalam tiga sesi yang menyajikan materi dan pengalaman serta praktek berkendaraan yang benar dan Doni Tata mengisi sesi pertama.

Sebagai pembalap MotoGP asal Indonesia yang telah menjajal arena balap domestik dan internasional. Doni membagikan pengalaman langsung yang dihadapi di arena balap serta mengingatkan pengendara untuk membedakan teknik berkendara di sirkuit balap dan konsumsi sehari-hari.
 
"Kalau balapan di sirkuit enggak ada takutnya, karena keamanannya sudah terjamin. Tapi kalau berkendara di jalan raya, saya takut, karena keamanan enggak terjamin, makanya  harus hati-hati dalam berkendara, karena banyak hal yang harus diperhatikan," ujar Doni.
 
Pembalap asal Yogyakarta ini juga berpesan agar selalu memakai peralatan berkendaraan yang aman dan sesuai standar yang ditetapkan seperti helm, jaket sepatu dan sarung tangan. "Semua perlengkapan untuk berkendara ini merupakan investasi keselamatan, karena itu jangan ditawar-tawar lagi," tegasnya.
 
Sebagai pembalap, Doni selalu diajarkan disiplin yang ketat. Bahkan sejak ia mulai belajar terjun di sirkuit pada usia 9 tahun, orangtuanya selalu mendidiknya disiplin dalam berkendara. "Meskipun waktu itu saya sudah jadi pembalap, tapi kalau ke sekolah tetap diantar orang tua, karena saya belum punya SIM. Saya dilatih untuk selalu disiplin," imbuhnya. (adri)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060