Ini Alasan Suzuki Ignis Potensial Jadi One Make Race

Sabtu, 24/02/2018 05:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kabar yang diterima Mobilinanews dari kalangan balap mobil nasional menyebut masih adanya slot kosong untuk kelas baru di musim 2018 ini.

Beberapa bahkan telah menyebut kelas kategori One Make Race (OMR) mengarah ke mini hatchback Suzuki Ignis.

Ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales seakan tidak menampik gosip ini.

"Kami masih studi, nanti kami update perkembangannya," jawab Donny Saputra, direktur marketing PT. SIS kepada Mobilinanews dalam pesan singkatnya.

Semoga saja benar terwujud. Namun, jadi atau tidak jadi, di atas kertas secara teknis Suzuki Ignis sangat layak diperlombakan dalam ajang balapan OMR.

Alasan pertama tentu menghitung spesifikasinya yang cukup mumpuni. Mesinnya empat silinder segaris kapasitas 1.197 cc bertenaga 82 hp dan torsi 113 Nm. Opsi peningkatannya mudah dilakukan.

Lalu dimensinya terbilang kompak. Panjangnya 3.700 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.595 mm. Ground clearence-nya yang 180 mm juga dapat disesuaikan agar lebih rigid lewat aplikasi sport suspension kit.

Apalagi jarak sumbu rodanya 1.470 mm dengan berat kotor 1.280 kg dan berat bersih 840 kg mendukung kelincahan bermanuver.

Paling penting adalah alasan harga, dimana varian terendahnya yakni GL bertransmisi manual 5 percepatan hanya dibanderol Rp 144,5 juta on the road Jakarta Selatan.

Kalkulasi kasar harga dasar ditambah sejumlah modifikasi menyesuaikan regulasi, dengan budget kurang dari Rp 200 juta sudah bisa ikutan balap. Efeknya, dapat membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin mencicipi kompetisi di lintasan sirkuit dengan dana terjangkau.

Selain kelas pemula tentunya, di OMR nanti juga terbuka peluang untuk diadakannya kelas ekshibisi, kelas khusus pelajar, kelas artis maupun kelas nostalgia bagi para pembalap veteran yang masih rindu balapan di sirkuit.

Semoga saja studi yang tengah dilakukan PT. SIS menghasilkan kelayakan dan pihak terkait turut mendukung terselenggaranya calon balapan murah meriah ini. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi