Supaya Tidak Tertipu dan Pintar Memilih Power Amp

Rabu, 13/05/2015 12:32 WIB

Mobilinanews.com-(Jakarta), dibawah ini adalah beberapa istilah seputar dunia power amplifier mobil yang biasa tertera dalam spesifikasi teknis.

Gain Power

Adalah rasio output power to input power yang juga biasa diukur dalam decible. Maka ketika dalam dB, maka secara logaritma berhubungan dengan rasio power G(dB)=10 Log (P Out / P in). Dalam setup car audio, biasanya dipantek pada angka jam 9 lantaran untuk menghindari over gain/power yang mengakibatkan over respon freq atau over boosting pada frekuensi tertentu karena tidak semua power mempunyai respon gain yang linear.

Efficiency

Efisiensi power diukur pada seberapa besar input power “berguna” diaplikasikan pada output power. Sebagai contoh adalah Class A power yang sangat tidak  efisien dengan range nilai efisiensi antara 10-20% dengan maximum nilai efisiensi hingga 25% saja. Class B mempunyai nilai efisiensi yang jauh lebih baik tetapi dalam prakteknya sangat sulit untuk diaplikasikan lantaran power tipe mempunyai distorsi yang sangat tinggi. Dalam keyataannya, Class AB Power secara umum sangat bisa digunakan baik dlihat dari fungsi serta nilai investasinya. Class AB mempunyai nilai efisinsi antara 35-55% dan secara teori mampu mencapai angka 78,5%. Ini tentu saja sangat mungkin jika dilihat dari kaca mata komersial.Class D secara umum merupakan power dengan nilai efisiensi paling tinggi yaitu hingga 97%. Efisiensi dari amplifier limit dihitung dari total power output yang mungkin digunakan.

 

Linearity

Sebuah power yang baik tentu saja mempunyai peralatan yang bersifat linear. Ketika signal di-drive ke amplifier untuk penguatan output yang terus meningkat hingga pada point tertentu hingga tidak bisa memproduksi nilai output lagi. Ini disebut clipping dan hasilnya dinilai dalam distortion.  Beberapa amplifier di design untuk mengontrol peningkatan gain yang menyebabkan nilai distorsi yang berlebihan yang bermuara pada kompresi efek yang mana suaranya realtif tidak nyaman didengar. Oleh karena itu komponen yang bersifat linear yang terdapat dalam amplifier sangat penting untuk dapat mereprodukasi suara yang optimal.

 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki