Layanan Purna Jual Ford Di Indonesia Kembali Dikeluhkan Konsumen

Kamis, 14/05/2015 05:56 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Pada hari Selasa dinihari 12 Mei 2015, redaksi mobilinanews mendapat email dari Nanang Andri Kristianto, pemilik Ford Fiesta 1.6 keluaran April 2013. Isi emailnya sebagai berikut:

On Tue, May 12, 2015 12:03 am, nanang andri kristianto wrote:
dear redaksi mobilinanews,

Menanggapi keluhan dari bapak Paulus
(baca juga ford-di-indonesia-dikeluhkan-konsumen/" target="_blank">Layanan Purna Jual Ford di Indonesia Dikeluhkan Konsumen), saya juga mengelami hal demikian.

Berikut email saya ke Ford. Just talk only no action mohon juga bisa dijadikan timeline, biar MANAGEMENT FORD mengerti apa keluhan dari konsumen.

Thanks

Nanang Andri K
081291044XXX

Berdasarkan kronologis yang disampaikan, pada hari Minggu 26 April 2015 pukul 11:24 WIB, Nanang mengirim email keluhan soal mobilnya dengan isi sebagai berikut:

Dear Ford,

Saya pemilik (Ford) Fiesta 1.6 tahun 2013
NIK
MNBJXXARJJDJ52907
Mobil saya saat ini kondisinya tidak baik mesin terasa bergetar, saya sudah 2 kali ganti kopling di dealer nusantara-cibubur. Dan hasilnya tidak memuaskan, dan satu minggu yang lalu saya servis rutin di dealer Bekasi Barat, dan pihak disana meminta untuk mobil menginap untuk di cek kembali. Namun dalam beberapa hari tidak juga kunjung di perbaiki. Dan akhirnya saya bawa kembali pulang. Untuk kondisi mobil saya KM 26000 berjalan.

Mohon kepastian dari pihak Ford akan seperti apa services yang akan diberikan ke saya?

Best Regards,

Nanang Andri K


Email dari Nanang ini kemudian mendapat respon dari PT Ford Motor Indonesia melalui perwakilan individunya atas nama  Ferdy Rusli pada tanggal 27 April 2015 melalui alamat email infoindo@ford.com. Berikut respon balapannya:

Kepada Yth. Bpk. Nanang Andri K,

Selamat pagi.

Terima kasih telah menghubungi kami. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidak nyamanan yang dialami bapak dan juga ketidaknyamanan yang terjadi di Ford Bekasi barat. Untuk menindaklanjutkan unit Fiesta anda, kami sarankan untuk dibuatkan janji perbaikan / service appointment di tempat anda mengganti kopling / clutch, yaitu di Ford Cibubur.

Saat ini kami telah menyampaikan keluhan bapak tersebut kepada pihak Ford Nusantasa Cibubur, baik dari Call Centre pusat maupun pihak Ford Cibubur akan menghubungi Bapak kembali, segera setelah mendapat perkembangan berikutnya.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih, dan selamat beraktifitas.

Sincerely yours,

Ferdy Rusli
Ford Motor Indonesia Call Centre


Respon dari pihak Ford Motor Indonesia ini kemudian ditanggapi oleh Nanang pada Jumat 1 Mei 2015, sebagai berikut:

Dear ford
Terima kasih untuk responnya

Pertanyaan saya apabila mobil saya harus menginap. Apa kompensasi dari Ford untuk saya misalnya apa saya diberi pinjaman mobil pengganti atau penggantian voucher taksi.

Please respon terimakasih

Regards

Nanang Andri K


Email ini ternyata tidak mendapat respon yang cukup baik dari pihak Ford Motor Indonesia, sehingga pada hari Sabtu 10 Mei 2015 jam 11:45 WIB, Nanang Andri kembali mengirim email sebagai berikut:

dear Ford

Untuk kesekian kalinya, hal yang mengecewakan saya saya terima hari ini.
Sabtu lalu mobil saya masuk ke Ford Cibubur yang berjanji akan menangani komplain saya. Satu minggu saya diam, tidak ada satu pun yang mengabari saya bagaimana progress dari unit saya, sampai Sabtu malam saya sms pak Angga (Ford Cibubur ) beliau bilang unit sudah selesai. Minggu siang saya ke Ford Cibubur dan yang saya dapati mobil saya penuh debu. Dan tidak ada progress sama sekali, masih saya seperti kemarin. Dan saya cek work order dan ternyata work order belum closing.

Hari ini saya minta dengan receptionis ford cibubur untuk dijadwalkan meting dengan management ford cibubur hari selasa 13 may 2015 pukul 14.00 WIB.
namun kita lihat saja nanti apakah management ford cibubur punya niat baik dengan saya.
 
Dan saya juga mau minta tolong untuk di fasilitasi bertemu dengan team management FORD INDONESIA mengenai complain saya ini dan kekecewaan yang saya alami.
 
saya tunggu niat baik team FORD,
terimakasih
 
Best Regards,

Nanang Andri Kristianto


Tanggal 11 Mei 2015, perwakilan pihak PT Ford Motor Indonesia mengirim email balasan sebagai berikut:

Kepada Yth. Bpk. Andri
 
Selamat siang
 
Sekali lagi kami mohon maaf, saat ini kami sedang koordinasikan kembali dengan tim yang terkait, untuk menindak lanjuti kendala ini.
 
Best Regards
Iman Ismail
Ford Motor Indonesia Call Centre

Tanggal 11 Mei 2015 pula pukul 17:09 WIB, Nanang Andri kembali menulis email ke Ford Motor Indonesia sebagai berikut:

Hallo Ford
 
Ada info buat saya.soal email saya di bawah??????????
Atau bagaimana???

Regards
 
Nanang Andri K

Pada hari Selasa 12 Mei 2015, Nanang Andri mengirim email kembali ke redaksi mobilinanews dengan isi sebagai berikut:

dear mobilinanews.

Berikut foto mobil saya yang tadi diminta dan hari ini saya sudah bertemu dengan pihak FORD-CIBUBUR (walaupun dengan memaksa) dan mereka akan coba memenuhi untuk

1.    adanya mobil pengganti
2.    mobil saya akan di services kembali dengan durasi kira2 5 hari.( walaupun saya pesimis itu bisa di perbaiki, 2x pergantian kopling saja ga ada hasilnya.)
3.    adanya permintaan maaf dari FORD - Cibubur
 
terimakasih

Best Regards,
Nanang Andri Kristianto


Hmm, bagaimana PT Ford Motor Indonesia, ada tanggapan?


TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo