Rahasia Teknologi Suspensi Mitsubishi Xpander, Ternyata Mengadopsi Mobil Rally

Senin, 12/03/2018 17:24 WIB

mobilinanews (Semarang) - Dari banyak ulasan test drive Mitsubishi Xpander, satu hal yang paling membedakan mobil ini dengan mobil lainnya di segmen mobil sejuta umat yaitu teknologi dari rancangan suspensi yang diaplikasikan untuk Xpander.

Benar saja, saat dikonfirmasi ada rahasia dibalik suspensi mengagumkan Xpander. Kepada redaksi mobilinanews, Rifat Sungkar selaku product ambassador Mitsubishi menjelaskan bahwa suspensi Xpander diadopsi dari teknologi suspensi yang dipakai mobil Mitsubishi EVO X yang biasa dijadikan sebagai mobil rally.

"Ini pengalaman gue, pertama kali nyoba Xpander dan belum ada penjelasan apapun dari engineer nya. Gue muter pakai ini mobil cukup kencang di jalur gravel dan belok kencang. Saat itu gue langsung ngerasain sesuatu di suspensi mobil ini. Terus gue tanya ke yang desain mobil ini, rasanya kok familiar dengan EVO X, dia sendiri kaget gue bisa menebak dan ternyata itu memang benar," jelas Rifat Sungkar.

Baca juga - Test Drive: Xpander Memanjakan Pengemudi & Penumpang di On Road Maupun Off Road

Rifat menambahkan, yang diadopsi Xpander sebenarnya adalah geometri suspensinya yang mirip EVO X. "Geometri ya artinya filosofi matematikanya sama dengan Evo X dan disitu adalah kunci dari handling semuanya," sambung Rifat.

"Dengan teknologi suspensi EVO X ini steering nya positif dan rasa feelingnya benar-benar kayak nyetir Evo, tapi ada PR kalau bicara Evo pasti keras, jadi challengenya mereka (Mitsubishi) bikin suspensi yang empuk, biarpun ground clearance tinggi, handlingnya enak, tapi bantingannya empuk dan bodi nggak limbung," papar Rifat.

Pengembangan suspensi tak cukup disitu, menurut Rifat, kemenangan Xpander terletak pada tiga aspek antara lain suspensi empuk dikombinasikan dengan wheeltrack lebar. Logikanya makin lebar wheeltrack maka mobil juga akan semakin stabil. (adri)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas