Prediksi Abidin San: Pemegang Sektor 3 dan 4 Pemenang di MotoGP Le Mans

Minggu, 17/05/2015 13:05 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Beberapa jam ke depan, kita akan menyaksikan seri kelima MotoGP 2015 di sirkuit Le Mans. Siapa yang akan menjadi jawaranya? Sebelum sampai ke situ, mari simak utak-atik a la Abidin San, General Manager After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 “Siapa penguasa sektor 3 dan 4 di sircuit Le Mans, dialah yang akan menang,” kata M Abidin.

Mengenai penggunaan ban, Abidin San menyebut para pembalap yang ingin tidak ada pilihan lain antara hard atau extra hard. Sementara bagi tim pabrikan, pemilihan ban menyempit antara soft atau medium compound.

Sirkuit Le Mans sendiri memiliki sembilan tikungan kanan dan lima tikungan kiri, dimana menurut Abidin San ada empat tikungan yang digunakan pembalap untuk melakukan overtaking, yaitu di tikungan S kecil 1 dan 2, tikungan 8 dan 9, 10 dan 11, serta tikungan terakhir 13 dan 14. “Semuanya ngandeling tikungan cepat, late braking dan hard braking. Seru nih.”

Abidin San menambahkan jika melihat data telemetri , di sektor 3 dan 4 JL99 lebih cepat dari semua rider. Sementara VR46 mengemukaka agak kesulitan mengembangkan kecepatan di sektor satu dan tiga. Menurut analisa Abidin San, Rossi harus konsentrasi di tikungan 5 dan 12 untuk bertarung di depan. Mengingat VR46 di tikungan ke-12 mampu menikung dengan kecepatan 115 km/jam. Sementara pembalap lain umumnya hanya maksimal 112 atau 113 km/jam di situ. “Rossi selevel MM (Marc Marquez) di tikungan ke-12,” imbuhnya.

Lantas siapa prediksi pemenangnya, Pak? “Kali ini saya pegang secara urutan JL99, VR46 dan MM93,” pungkas Abidin San.

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!