Alvin Bahar Berharap Bisa Punya Sirkuit Balap Sendiri

Selasa, 19/05/2015 11:32 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Suasana Warung Solo yang terintegrasi dengan kantor redaksi mobilinanews pada Senin siang 18 Mei 2015 tetap adem seperti biasanya. Ditemani dengan es cincau hitam membuat pembicaraan dengan pebalap senior Alvin Bahar kembali berlanjut (baca juga alvin-bahar-berharap-balapan-di-indonesia-bisa-jadi-industri/" target="_blank">Alvin Bahar Berharap Balapan di Indonesia Bisa Jadi Industri).

 Sebagai atlet balap dengan pengalaman sekitar 24 tahun di sirkuit, apa sebenarnya harapan ke depan?

Saya masih mengupayakan cita-cita atau mimpi untuk bisa punya sirkuit sendiri, minimal bisa mengelola sirkuit. Dengan demikian, saya bisa punya sarana untuk bisa mengembangkan kegiatan-kegiatan balapan. Tidak perlu sebesar Sentul, tapi setidaknya bisa intens buat event kecil-kecilan.

Menurut Anda hal ini mungkin terealisasi?

Saya ingin menjawabnya seperti ini. Dulu saya sempat coba berbisnis, tapi saya kemudian menyadari nama saya sudah identik dengan dunia otomotif. Sejak itu saya sudah memutuskan selama hidup ingin terus di balapan, meski tidak harus jadi pebalap.

Selama karir balap saya juga sejauh ini, saya bisa menyebut diri saya sebagai paket komplit. Dalam arti saya mengerti semua. Saya berpendapat, pebalap yang sudah bisa pensiun bisa jadi pelatih, manajer, promotor, konsultan, pemilik sirkuit atau event organizer.

Apakah tidak ada rencana balapan keluar negeri?

Pebalap Indonesia yang balapan keluar negeri itu dan bermimpi suatu saat bisa ke F1 umumnya

pakai duit sendiri, sambil berharap di tengah jalan ada pihak sponsor yang bersedia mendukung. Kalau enggak, yah terus pakai duit sendiri.

Kalau Anda sendiri sampai kapan rencana balap?

Sampai saat ini, saya masih satu-satunya pebalap yang balapan tutup kaca. Berdasarkan pengalaman, hal ini bisa membuat mobil bisa lebih cepat 0,2 hingga 0,3 detik. Kalau saya sudah tidak kuat tutup kaca berarti fisik saya sudah tidak kuat untuk jadi pebalap.

Rencananya ke depan, Anda punya ambisi bisa berapa kali lagi bisa jadi juara nasional?

Hmm, minimal tiga kali lagi.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda