Sempat Vakum, Gairah Offroad Kembali Bangkit di Tana Paser Kaltim

Minggu, 08/04/2018 10:47 WIB

mobilinanews (Paser) - Bisa jadi tak banyak yang kenal nama Paser di Kalimantan Timur. Pasalnya Kabupaten paling selatan Kaltim ini jarang terekpos, termasuk aktifitas offroader disana. Setelah sempat vakum sejak 2013, kini aktifitas offroad kembali digelar.

Meski Kabupaten Passer luasnya 41.603 km² dan sudah diresmikan sejak 29 Desember 1961, namun komunitas offroad masih minim. "Saat ini baru ada satu klub offroad yang aktif di Paser," buka Toni King, Ketua E.bos, singkatan East Borneo Offroad Squad.

Meski hanya satu klub, bukan berarti tanpa aktifitas. "Dulu ada banyak event offroad diadakan. Selama 5 tahun terakhir vakum. Kini kami berusaha untuk hidupkan kembali," tekad Toni King.

Yaps! Sebuah event bertitel "Tana Paser Offroad Challenge" telah disiapkan. Tanggal pun telah ditetapkan, Jumat-Minggu, 27-29 April 2018. Trek offroad di Taman Lembayung KM5, Tanah Grogot menjadi lokasi kompetisi.

"Ini kejuaraan off-road kompetisi. Kita buka tiga kelas, Under 1000, Under 2000 dan Free For All atau FFA," beber Toni yang menyiapkan hadiah uang tunai plus 3 unit sepeda motor gres buat juara per kelas.

Dengan pancingan hadiah 3 unit motor diharapkan peserta ramai dan kompetisi kembali marak. Info pendaftaran tinggal kontak Winda Harahap di ponsel 082199018464. Yang jelas biaya pendaftaran beda per kelas, mulai dari Rp.750 ribu hingga Rp.1.750.000.

Biar peserta puas, panitia telah menyiapkan 8 SCS (Special Competition Stage) yang ekstrim dan 7 SCS standar. Pembagiannya tentu berdasarkan kategori kendaraan. Buat kelas FFA bisa main di trek ekstrim.

Pada kesempatan sama, Pengurus Cabang Indonesia Offroad Federation (Pengcab IOF) Paser akan dilantik. Ketuanya Said Alwidat Rachman Assegaf. "Ya, sekalian acara pengukuhan Pengcab IOF Paser," yakin Said Alwidat. (BangVe)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali